PENGEMBANGAN MODUL MENULIS BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VII SMP AL-AZHAR MEDAN
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) penyusunan modul menulis berbasis multiple intelligences, (2) kelayakan modul menulis berbasis multiple intelligences, (3) keefektifan modul menulis berbasis multiple intelligences pada siswa kelas VII SMP Al-Azhar Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan berdasarkan model pengembangan Borg and Gall. Subjek uji coba terdiri dari ahli materi, ahli desain, guru bahasa Indonesia, siswa SMP Al-Azhar Medan pada uji coba perorangan terdiri dari 3 siswa, 9 siswa pada uji coba kelompok kecil, dan 32 siswa pada uji coba kelompok lapangan terbatas. Data tentang kualitas produk pengembangan ini dikumpulkan melalui angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) validasi ahli materi meliputi kelayakan isi dengan rata-rata 92,19% pada kriteria sangat baik, kelayakan penyajian dengan rata-rata 100% pada kriteria sangat baik, kelayakan multiple intelligences dengan rata-rata 96,87% pada kriteria sangat baik, kelayakan bahasa dengan rata-rata 91,66% pada kriteria sangat baik, (2) validasi ahli desain dengan rata-rata 84,35% pada kriteria sangat baik, (3) uji coba perorangan dengan rata-rata 85,00% dengan kriteria sangat baik, (4) uji coba kelompok kecil dengan rata-rata 91,94% dengan kriteria sangat baik, dan (5) uji kelompok lapangan terbatas dengan rata-rata 94,99% dengan kriteria sangat baik, (6) keefektifan bahan ajar dengan presentasi 76,75% dengan kriteria baik. Dengan demikian, modul menulis berbasis multiple intelligences yang telah dikembangkan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran sebagai sumber belajar.