Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam pembuatan pola blus wanita, untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran direct intruction dengan media hand out terhadap pembuatan pola blus wanita, dan untuk mengetahui sejauhmana pengaruh model pembelajaran direct intruction dengan menggunakan media hand out terhadap hasil belajar membuat pola blus wanita. Penelitian ini dilaksanakan pada Desember 2014 di SMK Negeri 1 Kisaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu (QuasiEksperimen). Jumlah sampel 30 siswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampel.Untuk mengetahui lembar validitas pengamata nmaka dilakukan uji kesepakatan pengamat. Hasil penelitian di kelas eksperimen diperoleh skor tertinggi 96,6 dan skor terendah 68,3 dengan rata-rata (M) 87,2 dan standar deviasi (SD) 5,93. Hasil penelitian di kelas Kontrol diperoleh sko rtertinggi 90,4 dan skor terendah 60,4, dengan rata-rata (M) 73,13 danstandardeviasi (SD) 8,29. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa untuk uji normalitas data menggunaka nrumus chi-kuadrat pada taraf signifikan dengan dk=5, diperoleh hasil belajar membuat pola busana wanita kelas eksperimen berdistribusi normal, karena (-3,13 < 11,070) dan kelas Kontrol berdistribusi normal, karena (-112,59 < 11,070). Sedangkan uji homogenitas, diperioleh sehingga kedua kelas penelitian memiliki varians yang sama (homogen) Tingkat kategori di dapat bahwa hasil belajar membuat pola blus wanita pada kelas eksperimen berada pada kategori baik dan kelas control memiliki tingkat kategori cukup. Hasil uji hipotesis yang menggunakan uji-t diperoleh nilai sebesar 5,18 sedangkan nilai pada taraf signifikan 5% dengan n=30 sebesar 1,679. Dengan demikian > (5,18> 1,679). Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwater terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Direct Intructional dengan Menggunakan Media Handout Terhadap hasil Belajar Membuat Pola Busana Wanita Jurusan Tata Busana SMK Negeri 1 Kisaran