UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR CHEST PASS DALAM PERMAINAN BOLA BASKET MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DANVARIASI PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS XI TKJ 1 SMK AKP GALANG TAHUN AJARAN 2016/2017
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana meningkatkan hasil belajar chest pass dalam permainan bola basket melalui pendekatan saintifik dan variasi pembelajaran pada siswa kelas XI TKJ 1 SMK AKP Galang Tahun Ajaran 2016/2017. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini dilakukan tes hasil belajar di akhir setiap siklus berbentuk penilaian teknik passing chest pass pada permainan bola basket. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar fortopolio penilaian hasil belajar chest pass pada permainan bola basket. Berdasarkan hasil belajar siswa pada siklus I dilakukan tes hasil belajar I dapat dilihat bahwa kemampuan awal siswa dalam melakukan salah satu teknik dasar bola basket yaitu chest pass masih rendah. Dari 32 orang siswa terdapat 20 siswa (62.5%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 12 siswa (37.5%) belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 73.60, nilai ini dikatakan tidak tuntas yakni masih di bawa KKM meskipun sudah banyak siswa yang tuntas, namun belum mencapai ketuntasan secara klasikal. Sedangkan pada siklus II dapat dilihat bahwa kemampuan siswa ii dalam melakukan tes hasil belajar secara klasikal sudah meningkat. dari 32 orang siswa yang menjadi sampel dalam penelitian ini, sudah mencapai 29 orang siswa ( 90.625% ) yang memiliki ketuntasan belajar, sedangkan selebihnya sebanyak 3 siswa ( 9.375% ) belum tuntas dalam pembelajaran . Nilai rata-rata yang diperoleh mencapai 88.07. Dalam hal ini dapat dilihat bahwa hasil analisis data dikatakan bahwa melalui pendekatan saintifik dan variasi pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar chest pass pada permainan bola basket pada siswa kelas XI TKJ 1 SMK AKP Galang Tahun Ajaran 2016/2017.