ANALISIS DAN PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM KIMIA SMA INOVATIF KELAS XI MATERI TERMOKIMIA SESUAI KURIKULUM 2013
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh dan mengetahui persepsi dosen dan guru serta tingkat kelayakan dan keterlaksanaan buku penuntun kimia Inovatif Kelas XI Materi Termokimia sesuai kurikulum 2013. Lokasi penelitian yaitu SMA Negeri 1 Ajibata. Sampel penelitian diambil sebanyak dua kelas yaitu kelas kelas kontrol dengan buku penuntun yang ada disekolah dan kelas eksperimen menggunakan penuntun inovatif yang sudah dikembangkan. Sebelum dilakukan penelitian penuntun praktikum telah dinilai dengan presepsi oleh 20 guru kimia dan 2 dosen kimia dengan menggunakan angket BSNP Modifikasi Berdasarkan hasil tabulasi angket diperoleh bahwa nilai rata-rata dari kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata dari kelas kontrol. Sehingga diperoleh bahwa penuntun praktikum Inovatif lebih efektif diterapkan dalam pembelajaran dibandingkan dengan penuntun praktikum yang ada disekolah. Sedangkan setelah diujicobakan dan diperoleh hasil belajar kelas kontrol dimana rata-rata nilai pretes sebesar 55,1 dan rata-rata nilai postes sebesar 68,5. Sedangkan di kelas eksperimen nilai pretes sebesar 58,1 dan rata-rata nilai postes sebesar 89,1. Dan berdasarkan uji normalitas kelompok 1 dan kelompok 2 dengan menggunakan SPSS 17.0 bahwa data terdistribusi normal, berdasarkan uji homogenitas data bahwa data homogen, dan berdasarkan Uji Hipotesis bahwa terdapat perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah diberikan penuntun praktikum inovatif yang telah dikembangkan. Sehingga menurut data hasil belajar siswa diperoleh bahwa penuntun praktikum dikelas eksperimen lebih efektif diterapkan dalam pembelajaran dibandingkan kelas kontrol.