Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Siswa Kelas IV SD Negeri Kalisari Kecamatan Blado Kabupaten Batang Semester II Tahun Pelajaran 2011/2012

Main Author: Sugiati
Other Authors: Sumiyarso
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW , 2013
Subjects:
IPA
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/2114
Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah nilai hasil belajar materi sumber daya alam. Permasalahan ini dialami oleh siswa kelas IV SD Negeri Kalisari Kec. Blado Kab. Batang. Semester II Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus selama 1 bulan, yaitu bulan Maret 2012 dengan subyek penerima tindakan adalah siswa kelas IV SD Negeri Kalisari, Kec. Blado, Kab. Batang. Pada setiap siklus terdiri dari 4 langkah yaitu (1) Perencanaan (2) Pelaksanaan Tindakan (3) Pengamatan terhadap Pelaksanaan Tindakan (4) Refleksi terhadap Hasil Tindakan. Dalam pelaksanaan tindakan ini diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan setelah pembelajaran selesai diadakan evaluasi. Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam proses pembelajaran melalui penelitian tindakan kelas ternyata dapat meningkatkan hasil belajar siswa, khususnya materi sumber daya alam di kelas IV SD Negeri Kalisari, Kec. Blado Kab. Batang. Pada awal pembelajaran siklus 1 diadakan preetes dengan nilai rata-rata 56. Setelah diberi pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siklus 1 diadakan evaluasi nilai rata-rata kelas naik menjadi 64 dan pada siklus ke 2 nilai rata-rata naik lagi bahkan lebih dari KKM yang telah ditentukan yaitu 77. Dengan adanya kenaikan nilai rata-rata pada setiap siklus di atas indikator kinerja adalah 70, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi sumber daya alam di kelas IV SD Negeri Kalisari Kec. Blado Kab. Batang. Berdasarkan hasil belajar tersebut, maka peneliti menyarankan kepada guru lain untuk menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam mengajar.