Penerapan Model Kooperatif Tipe Course Review Horay dengan Mengoptimalkan Barang Bekas sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Kanisius Cungkup Salatiga Semester II Tahun Ajaran 2015/2016

Main Author: Tomi, Lorensius
Other Authors: Ratu, Novisita
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/11116
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model kooperatif tipe Course Review Horay dengan mengoptimalkan barang bekas sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Kanisius Cungkup Salatiga Tahun Ajaran 2015/2016 Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis & Mc Taggart. Dalam penerapan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model kooperatif tipe Course Review Horay dengan mengoptimalakan barang bekas sebagai media pembelajaran, pembelajaran menjadi lebih menyenangkan bagi siswa. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V SD Kanisius Cungkup Salatiga. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar tes dan observasi kegiatan guru dan siswa. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan hasil belajar matematika melalui penerapan model kooperatif tipe Course Review Horay dengan mengoptimalkan barang bekas sebagai media pembelajaran pada siswa kelas V SD Kanisius Cungkup Salatiga. Dimana pada pra siklus, dari total 22 siswa terdapat 10 siswa (45%) yang tuntas meningkat menjadi 15 siswa (68%) yang tuntas pada siklus I, dan pada siklus II kembali meningkat menjadi 21 siswa (95%) yang tuntas. Sehingga penelitian ini dinyatakan terbukti berhasil karena persentase ketuntasan yang dicapai siswa telah lebih dari indikator keberhasilan yang telah ditetapkan yaitu 75%. Sehingga diharapkan kepada guru SD untuk mengembangkan serta dapat menerapkan model kooperatif tipe Course Review Horay dengan media barang bekas sebagai solusi untuk meningkatkan hasil belajar siswa.