Pengaruh Tekanan, Peluang, Rasionalisasi, Kemampuan, Pengawasan, Teknologi, Standar Kompetensi Akademik, Dan Self Esteem Terhadap Kecurangan Akademik Mahasiswa
Main Author: | AYU RISTIYANI, NOFITA |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed application/pdf |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/4835/1/HAL._JUDUL.pdf http://eprints.umk.ac.id/4835/2/BAB_1.pdf http://eprints.umk.ac.id/4835/3/BAB_2.pdf http://eprints.umk.ac.id/4835/4/BAB_3.pdf http://eprints.umk.ac.id/4835/5/BAB_4.pdf http://eprints.umk.ac.id/4835/6/BAB_5.pdf http://eprints.umk.ac.id/4835/7/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.umk.ac.id/4835/8/LAMPIRAN.pdf http://eprints.umk.ac.id http://eprints.umk.ac.id/4835/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kecurangan akademik mahasiswa. Faktor-faktor yang diuji dalam penelitian ini adalah tekanan, peluang, rasionalisasi, kemampuan, pengawasan, teknologi, standar kompetensi akademik dan self esteem sebagai variabel independen sedangkan kecurangan akademik mahasiswa sebagai variabel dependen. Sampel penelitian sebesar 84 mahasiswa jurusan akuntansi fakultas ekonomi Universitas Muria Kudus angkatan 2011-2014. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan pemilihan sampel dengan menggunakan metode random. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tekanan, peluang, rasionalisasi, kemampuan, pengawasan, teknologi, standar kompetensi akademik dan self esteem berpengaruh simultan terhadap kecurangan akademik mahasiswa. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji simultan (uji F) sebesar 0,009. Secara parsial, masing-masing variabel tekanan, peluang, rasionalisasi, kemampuan, pengawasan, teknologi, standar kompetensi akademik dan self esteem tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kecurangan akademik mahasiswa.