Pengembangan bahan ajar berbasis gambar untuk penguatan keterampilan bahasa inggris guru tk se-kkg dabin i kecamatan bangsri kabupaten jepara
Main Author: | SRIYATI, SRIYATI |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/16100/1/HAL%20JUDUL.pdf http://eprints.umk.ac.id/16100/2/BAB%20I.pdf http://eprints.umk.ac.id/16100/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umk.ac.id/16100/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umk.ac.id/16100/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/16100/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umk.ac.id/16100/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umk.ac.id/16100/8/LAMPIRAN.pdf http://eprints.umk.ac.id/16100/ |
Daftar Isi:
- Anak mengalami kesulitan untuk bisa mengucapkan bahasa Inggris, hal tersebut merupakan akibat dari kurang maksimalnya penyampaian materi pengenalan bahasa Inggris oleh guru dikarenakan SDM guru yang memang belum memadai dan media pembelajaran juga masih sangat kurang. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui analisis kebutuhan siswa dan guru terhadap pengembangan bahan ajar berbasis gambar untuk penguatan keterampilan Bahasa Inggris pada guru (2) Mendeskripsikan desain pengembangan bahan ajar berbasis gambar untuk penguatan keterampilan Bahasa Inggris pada guru (3) Menganalisis kelayakan pengembangan bahan ajar berbasis gambar untuk penguatan keterampilan Bahasa Inggris guru (4) Menganalisis efektifitas pengembangan bahan ajar berbasis gambar untuk penguatan keterampilan Bahasa Inggris pada guru. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D) dengan prosedur penelitian meliputi potensi dan masalah, pengumpulan data, design produk, validasi produk, revisi produk, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, dan produksi massal. Instrumen penelitian terdiri dari pedoman observasi, pedoman wawancara dan kuesioner. Teknik analisis data terdiri dari uji normalitas dan uji paired sampel T test. Hasil penelitian (1) Guru dan anak membutuhkan bahan ajar berbasis gambar untuk mendukung pembelajaran bahasa inggris. (2) Desain bahan ajar berbasis gambar terdiri dari sampul, profil penulis, kata pengantar dalam bahasa inggris dan Indonesia, kemudian daftar isi dan materi dengan beberapa tema. Hasil validasi ahli bahasa, materi dan media bahwa bahan ajar layak digunakan dengan sedikit revisi. (3) Bahan ajar layak digunakan dalam pembelajaran, berdasarkan kemampuan awal keterampilan bahasa inggris guru pada kategori kurang terampil (42,9%) sedangkan setelah menggunakan bahan ajar berbasis gambar keterampilan bahasa inggris guru berada pada kategori sangat terampil (35,7%). (4) Bahan ajar berbasis gambar efektif dalam menguatkan keterampilan bahasa inggris guru berdasarkan nilai Sig sebesar 0.000 < 0.05 Thitung 25,652 > Ttabel 2,16037 dan nilai posttest lebih tinggi dibanding dengan nilai pretest (87,21 > 38,93). Kesimpulan bahwa bahan ajar berbasis gambar efektif meningkatkan keterampilan bahasa inggris guru, dimana guru mengalami peningkatan keterampilan berbahasa inggris setelah menggunakan bahan ajar berbasis gambar.