Daftar Isi:
  • Tuntutan dalam pengelolaan dan pelayanan informasi merupakan salah satu hal yang penting pada setiap lembaga, termasuk juga Klinik Prima Medika yang merupakan salah satu fasilitas kesehatan publik kecil yang terdapat diwilayah Jepara, lebih tepatnya pada Desa Belimbing Rejo RT 01 RW 03, Nalumsari, Jepara. Dari proses pendaftaran pasien hingga proses biaya administrasi petugas masih menggunakan cara manual yaitu dengan dicatat dalam sebuah media buku yang selanjutnya akan diarsipkan kedalam box file yang kelak akan disimpan kedalam lemari arsip. Dan tentu saja hal tersebut dapat menghambat kerja petugas klinik yang juga menyebabkan terhambatnya penanganan penyembuhan pada pasien. Pada sistem ini, pasien dapat melaksanakan pendaftaran secara online sehingga pasien tidak perlu mendaftar langsung ke Klinik dan sistem akan memberikan nomor antrean sehingga pasien tidak perlu menunggu antrean terlalu lama di klinik. Sistem ini juga dapat memberikan notifikasi bagi pasien penderita penyakit kronis untuk melakukan pemeriksaan rutin melalui whatsapp dan membantu petugas yang ada pada klinik untuk mempercepat kinerja seperti penyimpanan dan pengecekan data pasien, data rekam medis dan data biaya agar lebih mudah dan efisien. Perhitungan pembayaran pun dapat dijumlah dengan mudah tanpa menggunakan kalkulator ataupun handphone. Penelitian yang akan dilaksanakan menggunakan metode observasi, wawancara serta memanfaatkan teori-teori yang telah diperoleh selama perkuliahan dan teori dari buku-buku penunjang. Metode pengembangan sistem yang dimanfaatkan adalah metode Waterfall dan perancangan sistem informasi menggunakan adalah Flow of Document (FOD) dan Unified Modelling Language (UML) yang diharap mampu menciptakan sistem baru yang lebih baik dan mengatasi persoalan yang terdapat pada Klinik Prima Medika Jepara.