PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS XI A MA MA’ARIF BALONG TAHUN AJARAN 2016/2017
Main Author: | INDA IMTIHANI, KARTIKA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umpo.ac.id/2697/1/HALAMAN%20DEPAN.pdf http://eprints.umpo.ac.id/2697/2/BAB%20I.pdf http://eprints.umpo.ac.id/2697/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umpo.ac.id/2697/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umpo.ac.id/2697/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umpo.ac.id/2697/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umpo.ac.id/2697/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umpo.ac.id/2697/8/LAMPIRAN.pdf http://eprints.umpo.ac.id/2697/ http://library.umpo.ac.id |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas XI A MA Ma’arif Balong Tahun Ajaran 2016/2017 dan (2) meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas XI A MA Ma’arif Balong Tahun Ajaran 2016/2017 dengan penerapan model pembelajaran inkuiri. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di MA Ma’arif Balong. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas XI A MA Ma’arif Balong Tahun Ajaran 2016/2017, yang terdiri dari 22 siswa. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 3 siklus,dimana setiap siklus terdiri atas tahapan perencanaan, pelaksanaan,observasi dan refleksi. Sumber data dalam penelitian ini adalah hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, observasi aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran, dan catatan lapangan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah, observasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif yang dianalisis dari aktivitas pembelajaran yang dilaksanakan selama proses pembelajaran dan hasil tes kemampuan pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas XI A MA Ma’arif Balong tahun ajaran 2016/2017. Hal tersebut terefleksi dari beberapa indikator sebagai berikut: (1) kemampuan siswa dalam memahami masalah menunjukkan peningkatan dari 83,2% pada siklus I menjadi 92,8% pada siklus II dan menjadi 99,2% pada siklus III. (2) kemampuan siswa dalam menyusun rencana penyelesaian masalah menunjukkan peningkatan dari 78,2% pada siklus I menjadi 82,1% pada siklus II dan menjadi 89,2% pada siklus III. (3) kemampuan siswa dalam melaksanakan rencana penyelesaian masalah menunjukkan peningkatan dari 65,3% pada siklus I menjadi 70,2% pada siklus II dan menjadi 85% pada siklus III. (4) kemampuan siswa dalam melakukan pengecekan kembali menunjukkan peningkatan dari 60,8% pada siklus I menjadi 67,8% pada siklus II dan menjadi 85,4% pada siklus III Kata kunci : model pembelajaran inkuiri, kemampuan pemecahan masalah matematika siswa