PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PONCOL

Main Author: NUR CAHYANI, ENDAR
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.umpo.ac.id/2696/1/HALAMAN%20DEPAN.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/2696/2/BAB%201.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/2696/3/BAB%20II.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/2696/4/BAB%20III.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/2696/5/BAB%20IV.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/2696/6/BAB%20V.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/2696/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/2696/8/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/2696/
http://library.umpo.ac.id
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah terdapat pengaruh metode student teams achievement division dan numbered heads together terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa, (2) apakah kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diajar dengan metode student teams achievement divion lebih baik daripada siswa yang diajar dengan metode numbered heads together. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan populasi mencakup seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Poncol yang terdiri dari delapan kelas. Dari delapan kelas tersebut, kelas VII-H dan VII-F terpilih secara acak sebagai sampel. Selanjutnya dua kelas dipilih kembali secara acak untuk menentukan jenis perlakuan yang akan diberikan. Kelas VII-H diberi perlakuan metode student teams achievement division dan kelas VII-F diberi perlakuan numbered heads together. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan dokumentasi. Teknik analisis data untuk melihat adanya pengaruh metode student teams achievement division dan numbered heads together terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa adalah uji-t berpasangan, sedangkan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diajar dengan metode student teams achievement divion lebih baik daripada siswa yang diajar dengan metode numbered heads together dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian pada taraf signifikansi 0,05 menunjukkan bahwa: (1) metode student teams achievement division dan numbered heads together berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa, (2) kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang mendapatkan perlakuan dengan metode student teams achievement division lebih baik daripada siswa yang mendapatkan perlakuan berupa metode numbered heads together. Kata Kunci: STAD, NHT, pemahaman konsep