PENGETAHUAN KELUARGA PASIEN TENTANG PRIORITAS PENANGANAN TRIAGE di IGD RSUD Dr. Hardjono Ponorogo
Main Author: | RIA NURCAHYANI, RISKA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umpo.ac.id/2394/1/HALAMAN%20DEPAN.pdf http://eprints.umpo.ac.id/2394/2/BAB%20I.pdf http://eprints.umpo.ac.id/2394/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umpo.ac.id/2394/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umpo.ac.id/2394/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umpo.ac.id/2394/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umpo.ac.id/2394/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umpo.ac.id/2394/8/LAMPIRAN.pdf http://eprints.umpo.ac.id/2394/ http://library.umpo.ac.id |
Daftar Isi:
- Pengetahuan merupakan hasil dari tahu, dan ini terjadi setelah orang melakukan penginderaan terhadap suatu obyek. Triage yang mempunyai tujuan untuk memilih atau menggolongkan semua pasien yang memerlukan pertolongan dan menetapkan prioritas penanganannya. Pengetahuan keluarga pasien tentang penanganan di triage akan berpengaruh terhadap kepuasan dan nama baik sebuah rumah sakit. Tujuan penelitian untuk mengetahui Pengetahuan keluarga pasien tentang prioritas penanganan triage. Desain penelitian ini adalah deskriptif dengan populasi pasien IGD RSUD Dr. Hardjono Ponorogo 2015 yang dianjurkan untuk rawat jalan dengan jumlah sampel dalam penelitian sebanyak 50 orang. Sampling penelitian menggunakan Purposive Sampling, pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisa data menggunakan rumus Mean dengan kategori pengetahuan baik dan buruk. Hasil penelitian ini menunjukkan Pengetahuan keluarga pasien tentang prioritas penanganan triage adalah sebagian besar 31 responden (62,0%) berpengetahuan buruk, dan hampir setengahnya 19 responden (38,0%) berpengetahuan baik. Berdasarkan usia, tingkat pendidikan, pekerjaan, pernah dirawat, penghasilan perbulan, informasi dan jenis informasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sebagian besar responden mempunyai pengetahuan buruk tentang prioritas penanganan triage, sehingga diharapkan pihak IGD khususnya perawat selalu memberikan informasi tentang prioritas penanganan triage di IGD, baik secara langsung leaftet, poster, dan komunikasi terapiutik Kata kunci: Pengetahuan, keluarga, prioritas penanganan triage.