Pengaruh Strategi Ekspositori Berbasis Peta Pikiran (Mind Map) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Pemecahan Masalah Matematis Pada Materi Trigonometri SMA Swasta Laksamana Martadinata Medan Tahun Ajaran 2018/2019
Main Author: | Siregar, Thasya Addarani |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinsu.ac.id/7497/1/Skripsi%20Fix.pdf http://repository.uinsu.ac.id/7497/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Apakah terdapat pengaruh strategi pembelajaran ekspositori berbasis peta pikiran (mind map) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, (2) Apakah terdapat pengaruh strategi pembelajaran ekspositori berbasis peta pikiran (mind map) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes pretes dan post test, serta teknik analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Analisis data dilakukan dengan analisis uji-t. Hasil temuan dalam penelitian ini menunjukkan (1) Terdapat pengaruh strategi ekspositori berbasis peta pikiran (mind map) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMA Swasta Laksamana Martadinata Medan Tahun Ajaran 2018/2019 dengan memperoleh uji-t thitung>ttabel yaitu 4,218>2,0036 hasil ini membuktikan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. (2) Terdapat pengaruh strategi ekspositori berbasis peta pikiran (mind map) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA Swasta Laksamana Martadinata Medan Tahun Ajaran 2018/2019 dengan memperoleh uji-t thitung>ttabel yaitu 2,9500>2,0036 hasil ini membuktikan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima.