“ ANALISIS POTENSI KOMODITI KOPI SEBAGAI PRODUK UNGGULAN EKSPOR DI NEGARA REPÚBLIK DEMOCRÁTICA DE TIMOR-LESTE(RDTL)”
Main Author: | FELICIA , PAULA DE JESUS GUTERRES |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.upnjatim.ac.id/6698/1/file1.pdf http://eprints.upnjatim.ac.id/6698/2/file2.pdf http://eprints.upnjatim.ac.id/6698/ |
Daftar Isi:
- “Analisis potensi komoditi kopi sebagai produk unggulan ekspor di negara República Democrática De Timor-Leste (RDTL)”. Komoditas kopi merupakan salah satu komoditas yang cukup penting terutama sebagai sumber devisa negara Timor-Leste melalui ekspor.Kopi juga dapat memprensentasi 90% pendapatan tunai tahunan bagi 25% penduduk Timor-Leste, komoditas kopi pada umumnya diproduksi untuk diekspor. Nilai ekspor rata-rata kopi menduduki peringkat pertama sejak tahun 2002-2004, sebelum sumber daya minyak diolah. Setelah minyak diekspor maka, komoditas kopi dalam kurun waktu 2004-20012 menduduki urutan tertinggi kedua. Untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, pemerintah Timor-Leste terus berupaya meningkatkan dan mengembangkan potensi sumberdaya yang dimiliki khususnya sektor pertanian dengan komoditi berbasis perkebunan kopi. Dalam penelitian ini analisis yang digunakan metode Revealed Comparatif Advantage (RCA) menunjukkan bahwa Total Ekspor Komoditi Kopi Timor- Leste, Total Ekspor Seluruh Komoditas Timor-Leste, Total Ekspor kopi Dunia, Total Ekspor Seluruh Komoditas Dunia berpengaruh terhadap Revealed Comparatif Advantage (RCA) Timor-Leste, yaitu yang ditunjukkan dengan perhitungan RCA mulai tahun 2002-2012. mencapai rata-rata 10.17%. Nilai Revealed Comparative Advantage (RCA) tertinggi terjadi pada tahun 2010 mencapai 24,7%. Jadi yang tecapai dari Komoditas Kopi Timor-Leste masih mempunyai Keunggulan Komparatif di atas rata-rata dunia yaitu RCA>1 dalam struktur ekspor . Dan untuk pegembangan komoditi kopi sebagai produk unggulan ekspor maka, pemerintah terlebih dahulu meningkatkan ke empat faktor tersebut diantaranya: (1) faktor produksi terdiri dari SDA, SDM, infrastruktur dan teknologi, (2) factor permintaan, permintaan domestik dan permintaan internasional, (3) faktor industri terkait dan pendukung meliputi industri inti komoditi kopi dan indusri terkait dan pendukung, (4) strategi perusahaan, struktur dan pesaingnya yang terdiri dari strategi perusahaan dalam ekspor kopi serta bagaimana struktur persaingan negara-negara penghasil kopi. Pegembangan memulai dari ke empat faktor ini akan membuat komoditi kopi Timor-Leste unggul di pasaran internasional. Dalam upaya pegembangan komoditi kopi sebagai produk unggulan ekspor maka, maka ada permasalahan yang dihadapi oleh pemerintah adalah jumlah produksi kopi yang masih rendah. Hal ini disebabkan oleh keterbatasan pengetahuan dalam penanganan pasca panen serta produktivitas yang rendah. Kata Kunci: Revealed Comparatif Advantage (RCA), Kopi, Minyak