Maskulinitas pria pada iklan parfum Watchout dalam majalah Men’s Fitness?” (Studi Semiotik iklan parfum Watchout versi pria maskulin dalam majalah men”s fitness)”
Main Author: | SEPTA AUDITYA , NUGRAHA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.upnjatim.ac.id/398/1/file_1.pdf http://eprints.upnjatim.ac.id/398/2/file_2.pdf http://www.upnjatim.ac.id/ http://eprints.upnjatim.ac.id/398/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini didasarkan pada definisi laki-laki sesungguhnya yaitu maskulinitas. Penelitian ini menaruh pada masalah maskulinitas yang digambarkan oleh seorang laki-laki sebagai model yang terdapat dalam iklan parfum Watchout. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode Peirce, dikarenakan dalam ilustrasi iklan parfum Watchout ini terdapat berbagai makna tanda, maka digunakan ikon, indeks, dan simbol untuk mengklasifikasikan tanda secara spesifik. Peirce menggunakan teori segitiga makna (triangle of meaning) yang terdiri atas sign (tanda), object (objek), dan interpretant (interpretan). Unit analisis penelitian ini adalah seluruh tanda dan lambang yang terdapat pada iklan parfum watchout baik yang berupa gambar, warna, maupun tulisan yang menjadi latar belakang dalam iklan parfum Watchout dan menyimpulkan berbagai makna, arti yang ada pada gambar dan tanda dalam iklan tersebut. Tanda dalam penelitian makna yang terdapat pada majalah Men’s Fitness yang menjadi korpus dalam penelitian ini dapat dikategorikan ke dalam kategori hubungan tanda dengan acuannya yang dibuat oleh Charles Sanders Peirce dan dikateorikan dalam tiga kategori, yaitu ikon, indeks, dan simbol. Iklan Watchout dalam penelitian ini menggambarkan pria maskulin dengan kepribadian yang ditampilkan dengan menunjukkan bahwa pria tersebut sosok laki-laki maskulin, bersih, wangi, dan berpenampilan rapi dengan penggambarannya yang menarik.