REPRESENTASI MASKULINITAS PADA IKLAN ROKOK SURYA 12 VERSI “AIRPORT” DI TELEVISI

Main Author: Yusran , Vebrino
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.upnjatim.ac.id/3624/1/file1.pdf
http://eprints.upnjatim.ac.id/3624/2/file2.pdf
http://eprints.upnjatim.ac.id/3624/
Daftar Isi:
  • Laki-laki dalam masyarakat tampaknya merupakan fenomena universal dalam sejarah peradaban manusia, di masyarakat maupun di dunia secara tradisional manusia diberbagai belahan dunia menata diri atau tertata dalam bangunan masyarakat. Pada masysarakat seperti itu laki-laki diposisikan superior terhadap wanita di berbagai sektor kehidupan, baik domestik maupun publik. Laki-laki maupun perempuan memperoleh legitimasi dari nilai-nilai sosial, agama, hukum negara dan sebagainya. Dan tersosialisasi secara turun temurun dari generasi kegenerasi. Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana representasi maskulinitas di dalam iklan rokok Surya 12 versi “Airport” di televisi. Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini dianataranya adalah periklanan, semiotik, representasi, analisis john fiske semiotik dalam iklan, dan respon dalam psikologi warna. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Sedangkan unit analisis yang digunakan yaitu semua tanda berupa gambar, tulisan, dan warna yang menjadi latar belakang dalam iklan rokok surya 12 versi “Airport” di televisi. Yang kemudian di intrepetasikan dengan menggunakan level realitas, level representasi dan level ideologi. Selanjutnya data tersebut dianalisis berdasarkan semiotik john fiske dan data dari penelitian ini kemudian digunakan untuk mengetahui representasi maskulinitas dalam iklan rokok surya 12 versi “Airport” di televisi tersebut. Kedalam sistem komuniasi yang berupa gambar-gambar, tulisan, warna dan suara yang terdapat dalam iklan tersebut. Dari data yang diperoleh, dianalisis dan di intrepretasikan berdasarkan teori maka akan dapat disimpulkan bahwa iklan rokok surya 12 versi “Airport” di televisi. dan hasil representasi maskulinitas tersebut dapat digunakan sebgai acuan oleh produsen iklan bahwasannya terhadap tanda-tanda dalam iklan untuk mengetahui pemaknaan dari representasi maskulinitas di dalam iklan rokok surya 12 versi “airport” di televisi dan dapat memberikan masukan atas wawasan serta bahan referensi bagi mahasiswa komunikasi pada jenis penelitian semiotok dan seluruh mahasiswa pada umumnya dapat diaplikasijan untuk perkembangan ilmu komunkasi.