PERAN BOARDING SCHOOL DALAM MENGEMBANGKAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA DI SDIT BIAS ASSALAM KOTA TEGAL
Daftar Isi:
- Kegagalan pendidikan di Indonesia disebabkan karena secara realita pendidikan nasional hanya menonjolkan pada kemampuan kecerdasan berpikir saja, dan mengesampingkan kecerdasan emosional. Padahal pendidikan pada esensinya merupakan sebuah upaya membangun kecerdasan manusia, baik kecerdasan kognitif, psikomotorik maupun afektif. Oleh karena itu, Indonesia perlu menghasilkan generasi-generasi muda yang mempunyai karakter unggul, sehingga dibutuhkan sekolah yang menanamkan pendidikan karakter. SDIT BIAS Assalam Tegal merupakan salah satu sekolah di Tegal yang menanamkan pendidikan karakter dengan bersistem boarding school. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana sistem pembelajaran boarding school di SDIT BIAS Assalam Kota Tegal dan bagaimana peran boarding school itu sendiri dalam mengembangkan pendidikan karakter siswa di SDIT BIAS Assalam Kota Tegal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan sistem pembelajaran boarding school, dan mendeskripsikan peran boarding school dalam mengembangkan pendidikan karakter. Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Sedangkan pendekatan yang digunakan pendekatan kualitatif. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, pembina boarding school, guru wali kelas V, dan santri kelas V SDIT BIAS Assalam Kota Tegal. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, interview, dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data penulis menggunakan analisis data induktif (Miles and Huberman). Hasil penelitian ini bahwa sistem pembelajaran boarding school di SDIT BIAS Assalam ini menggabungkan sistem pondok pesantren modern dan salaf, dengan menggabungkan kurikulum standar nasional, DEPAG, dan kurikulum khas boarding school SDIT BIAS Assalam. Program pembelajaran boarding school ini, selain menekankan ilmu-ilmu keagamaan juga memperhatikan materi-materi dasar keilmuan, seperti matematika, bahasa Indonesia, dan IPA. Selain itu juga lebih menekankan pada penanaman nilai-nilai pendidikan karakter. Peran boarding school dalam mengembangkan pendidikan karakter santri, yaitu sebagai wadah dalam menanamkan, membiasakaan, mengaplikasikan, dan mengevaluasi nilai-nilai pendidikan karakter santri. Bentuk implementasi materi yang didapatkan di boarding school, salah satunya dalam kegiatan home stay, yaitu praktik kunjungan lapangan yang dilakukan oleh santri dengan di tempatkan dibeberapa rumah penduduk untuk mengamati dan menumbuh kembangkan semangat religius pada diri santri dan lingkungan dengan bimbingan dan pengawasan penuh dari ustadz/ustadzah madrasah diniyah taklimiyah (MDT).