Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas peran guru PAI dalam pembentukan akhlaq peserta didik tunarungu. Kajiannya dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik yang memiliki kemampuan berbeda dibandingkan dengan peserta didik biasa, yakni kekurangan dalam pendengaran. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan : (1) Bagaimanakah pembentukan akhlaq peserta didik berkebutuhan khusus (tunarungu) di SMP SLB Negeri 2 Pemalang tahun ajaran 2015/2016? (2) Bagaimanakah peran guru Pendidikan Agama lslam dalam pembentukan akhlaq peserta didik berkebutuhan khusus (tunarungu) di SMP SLB Negeri 2 Pemalang tahun ajaran 2015/2016?. Permasalahan tersebut di bahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di SMP SLB Negeri 2 Pemalang. Melalui guru PAI, Kepala Sekolah, guru BK, TU, Humas dan peserta didik di SMP SLB Negeri 2 Pemalang dijadikan sebagai sumber data untuk mendapatkan potret peran guru PAI dalam pembentukan akhlaq tunarungu. Datanya diperoleh dengan cara wawancara mendalam, observasi dan studi dokumentasi. Semua data dianalisis dengan pendekatan kualitatif deskriptif analitik yang diperoleh dari hasil pengamatan, hasil wawancara, analisis dokumen, catatan lapangan,. Kajian ini menunjukkan bahwa : (1) Pembentukan akhlaq yang dilakukan oleh guru PAI adalah melalui pemahaman, pembiasaan di sekolah, dan keteladanan. (2) Peranan guru Pendidikan Agama Isla>m dalam membentuk akhlaq peserta didik tunarungu sudah sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa, guru Pendidikan Agama Islam, para peneliti dan semua pihak yang membutuhkan.