Peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi pokok menentukan FPB dan KPK dengan menggunakan teknik faktorisasi prima pada siswa kelas V MI NU 05 Tamangede Gemuh Kendal tahun pelajaran 2014/2015
Daftar Isi:
- Skripsi ini mengkaji upaya peningkatan hasil belajar mata pelajaran matematika pada kelas V MI NU 05 Tamangede Kecamatan Gemuh Kabupaten Kendal tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena rendahnya hasil belajar. Dalam penelitian ini ditawarkan penggunaan metode model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran matematika materi pokok menentukan FPB dan KPK dengan menggunakan teknik faktorisasi prima. Rumusan permasalahan yang dimunculkan adalah ”Apakah model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi menentukan FPB dan KPK dengan menggunakan teknik faktorisasi prima tahun pelajaran 2014/2015 pada siswa kelas V MI NU 05 Tamangede Kecamatan Gemuh Kabupaten Kendal?” Permasalahan tersebut dikaji dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas (classroom action research). Metode pengumpulan data memakai teknik dokumentasi, observasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V pada mata pelajaran Matematika materi pokok menentukan FPB dan KPK dengan menggunakan teknik faktorisasi prima dengan indikator meningkatnya nilai rata-rata kelas dari 46,82 pada pra siklus, 66,13 pada siklus 1, dan 79,32 pada siklus 2. Begitu juga dengan ketuntasan klasikal yang juga mengalami peningkatan dari 27,27% pada pra siklus, 50% pada siklus 1, dan 86,37% pada siklus 2.