Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas tentang korelasi antara prestasi belajar bidang studi aqidah akhlak dengan ketaatan tata tertib sekolah kelas XI siswa MA YPKM Raden Fatah Jungpasir Demak tahun pelajaran 2013/2014. Kajian skripsi ini dilatar belakangi oleh ketaatan tata tertib di MA YPKM Raden Fatah Jungpasir Demak, namun pelaksanaannya kurang berjalan dengan tertib. Selain itu, masih banyak siswa MA YPKM Raden Fatah Jungpasir Demak yang menaati tata tertib belum sesuai dengan apa yang diharapkan. Studi dalam penelitian ini adalah untuk menjawab permasalahan: Adakah Korelasi positif antara Prestasi Belajar Bidang Studi Aqidah Akhlak dengan Ketaatan Tata Tertib Sekolah Kelas XI Siswa MA YPKM Raden Fatah Jungpasir Demak Tahun Pelajaran 2013/2014? Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan teknik analisis product moment, subyek penelitian sebanyak 46 responden, yang terdiri semua kelas XI MA YPKM Raden Fatah Jungpasir Demak. Penelitian ini merupakan penelitian populasi. Adapun metode pengumpulan data menggunakan: metode tes, observasi dan dokumentasi. Data penelitian yang terkumpul dianalisis. Pengujian hipotesis penelitian dengan analisis korelasi product moment. Peneliti membuat tes yang berjumlah 30 item pertanyaan tentang prestasi belajar bidang studi aqidah akhlak siswa yang telah diuji validitas, daya pembeda, taraf kesukaran dan reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar bidang studi aqidah akhlak kelas XI siswa MA YPKM Raden Fatah Jungpasir Demak tahun pelajaran 2013/2014 termasuk dalam kategori “cukup” dengan nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 84,2. Adapun ketaatan tata tertib sekolah kelas XI siswa MA YPKM Raden Fatah Jungpasir Demak tahun pelajaran 2013/2014 termasuk dalam kategori “cukup” dengan nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 9,94=10. Hasil analisis uji hipotesis menggunakan rumus product moment menunjukan bahwa nilai r hitung = 0,773, dimana indeks korelasi tersebut bertanda positif dan termasuk dalam kategori kuat/tinggi. Hal ini berarti hipotesis yang diajukan diterima, yakni ada korelasi yang positif antara variabel X dan variabel Y. Jadi dapat disimpulkan semakin tinggi prestasi belajar bidang studi aqidah akhlak, maka semakin baik pula ketaatan pada tata tertib sekolah. Sebaliknya semakin rendah prestasi belajar bidang studi aqidah akhlak maka semakin rendah pula ketaatan pada tata tertib sekolah siswa.