Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan penerapan media pembelajaran strip story dapat meningkatkan hafalan peserta didik kelas VII MTs Safinatul Huda Kemujan Karimunjawa khususnya pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Al-Hadits. Penelitian ini menggunakan studi tindakan (action research) pada peserta didik kelas VII MTs Safinatul Huda Kemujan Karimunjawa. Dari hasil observasi secara langsung di kelas VII melalui pra siklus penelitian tindakan dapat diketahui metode pembelajaran dan hafalan yang digunakan oleh guru bidang studi mata pelajaran Al-Qur’an Al-Hadits yang belum secara penuh mengedepankan pembelajaran aktif, hal ini juga tampak dengan adanya hasil hafalan yang belum maksimal artinya belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Kesiapan dalam pembelajaran dan keaktifan peserta didik menggambarkan semangat untuk mengikuti pembelajaran. Obyek penelitian ini adalah di MTs Safinatul Huda Kemujan Karimunjawa kelas VII dengan populasi 53 peserta didik. Dalam penelitian ini peneleti menggunakan satu kelas untuk menerapkan media pembelajaran strip story. Setelah dilaksanakan tindakan melalui penerapan media pembelajaran strip story maka suasana kelas menjadi hidup, peserta didik menjadi semangat menghafal dan hasil hafalan maksimal. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu tahap pra siklus, siklus 1 dan siklus 2. Pada tahap pra siklus hafalan peserta didik mempunyai rata-rata tes akhir 64,9. Pada siklus 1 setelah dilaksanakan tindakan hasil hafalan peserta didik meningkat yaitu dengan rata-rata tes akhir 69,2. Sedangkan pada siklus 2 setelah diadakan evaluasi pelaksanaan pada siklus 1 hasil hafalan mengalami peningkatan yaitu rata-rata tes akhir peserta didik 72,8. Dari tiga tahap tersebut jelas bahwa ada peningkatan sebelum diterapkan media pembelajaran strip story dengan sebelumnya. Namun dari penelitian tersebut terdapat peserta didik yang dari tahap pra siklus, siklus pertama dan kedua mempunyai nilai skor tes akhir dibawah kriteria ketuntasan minimal, hal ini disebabkan karena beberapa hal yaitu karena kondisi kekeluargaan yang tidak mendukung. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti membuktikan bahwa ada peningkatan hafalan peserta didik dengan menggunakan media pembelajaran strip story. Hasil penelitian tersebut, diharapkan dapat memberi pengetahuan kepada semua pihak (peserta didik, guru, orang tua) untuk dapat meningkatkan hafalan pada mata pelajaran Al-Qur’an Al-Hadits. Dorongan belajar dan semangat belajar juga bisa dari faktor orang tua atau keluarga yang dapat mempengaruhi kondisi psikologis anak.