Pengaruh pengunaan metode Iqro’ terhadap kemampuan anak usia dini dalam membaca Al-Qur’an kelompok B RA Masjid Al-Azhar Permata Puri Ngaliyan Semarang tahun 2019 / 2020

Main Author: Shofiyana, Shofiyana
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12969/1/1603106064_Shofiyana_Full%20Skripsi%20-%20shofiyana%20-.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12969/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan anak usia dini dalam membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode Iqro’ terhadap kemampuan anak usia dini dalam membaca Al-Qur’an Kelompok B RA Masjid Al-Azhar Permata Puri Ngaliyan Semarang Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen yang dilaksanakan di RA Masjid Al-Azhar Permata Puri Ngaliyan Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik seluruh Kelompok B yang terdiri dari tiga kelas dengan jumlah total siswa 51 orang, kelas Al-Falq berjumlah 17 orang, kelas Al-Fajr berjumlah 16 orang dan kelas Al-Lail berjumlah 18 orang. Karena semua kelas dijadikan sebagai kelas eksperimen, untuk itu teknis analisis data pretest dan postest peneliti menggunakan uji normalita, uji homogenitas, uji paired sampel T-test, dan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan membaca Al-Qur’an kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata 90 sedangkan kelas kontrol memperoleh rata-rata 59. Selanjutnya pada uji pretest dan posttest dengan Paired Sampel T-test 0,000 < 0,05, terdapat perbedaan yang cukup signifikan. Sedangkan presentasenya menggunakan uji Regresi Linier Sederhana 20,5%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa 79.5% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain.