Makna hijab dalam iklan televisi analisis semiotika iklan Sunsilk

Main Author: Sa'diah, Endah Kasinung
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10031/1/FULL%20SKRIPSI.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10031/
Daftar Isi:
  • Endah Kasinung Sa’diah (1401026079) “Makna Hijab Dalam Iklan Televisi (Analisis Semiotik Iklan Sunsilk)” Skripsi, Semarang, Program Strata 1 (S.1) Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan makna hijab yang terdapat pada iklan shampoo Sunsilk Hijab. Iklan menjadikan perempuan dan hijab sebagai atribut pendukung dalam penayangannya. Hijab yang dikenakan oleh model dalam iklan disajikan untuk menarik konsumen sebanyak mungkin sesuai target yang diharapkan sehingga iklan secara tidak langsung memberikan pemaknaan simbolik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah iklan shampoo Sunsilk Hijab Recharge di televisi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik dokumentasi dari internet untuk mengetahui makna hijab yang terdapat pada iklan shampoo Sunsilk Hijab Recharge. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data dengan menggunakan teori semiotik Ferdinand De Saussure. Hasil penelitian ini adalah makna hijab dalam iklan shampoo Sunsilk sebagai bentuk ekspresi diri, hijab tidak dijadikan untuk menutup diri atas potensi yang dimiliki oleh perempuan muslimah, hijab sebagai bentuk identitas diri sebagai seorang muslimah, hijab bukan dijadikan bentuk diskriminasi, melainkan hijab dijadikan sebagai bentuk ketakwaan terhadap Allah SWT, hijab memiliki manfaat bagi kesehatan kulit, serta hijab sebagai tanda ketentraman hati.