Pengembangan Kecerdasan Emosional Melalui Permainan Balok Pada Anak Kelompok A TK Az Zahra Karangmalang Kabupaten Sragen Tahun 2013/ 2014
Main Author: | Swantatik, Swantatik |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/28979/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/28979/3/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/28979/4/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/28979/5/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/28979/6/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/28979/7/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/28979/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/28979/14/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/28979/17/NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/28979/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan kecerdasan emosional anak melalui permainan balok. Dengan jenis penelitian PTK ( Penelitian Tindakan Kelas ). Subyek penelitian ini adalah anak didik kelompok A TK Az Zahra Karangmalang, Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2013/ 2014. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas dan kepala sekolah. Metode pengumpulan data melalui observasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan secara analisis deskriptif kualitatif dengan dua siklus, yang setiap siklusnya dilakukan tiga kali pertemuan dengan anak didik. penelitian ini menunjukkan adanya perkembangan kecerdasan emosional anak melalui permainan balok, yakni sebelum tindakan 49%, siklus I mencapai 72% dan siklus II mencapai 92% atau lebih. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu Pengembangan Kecerdasan Emosional Dapat Dilakukan Melalui Permainan Balok.