Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berhitung anak usia dini dengan permainan kartu angka di TK Pertiwi I Sine Sragen tahun ajaran 2013/2014. Subjek penerima tindakan ini adalah anak kelompok B diberikan TK Pertiwi I Sine Sragen, yang berjumlah 20 anak. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Prosedur penelitian ini terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis diskripsi komparatif yaitu membandingkan hasil prosentase pencapaian setiap anak dengan presentase keberhasilan yang telah ditentukan pada setiap siklusnya. Hasil penelitian ini adalah terjadi perbandingan kemampuan berhitung anak pada pra siklus mencapai 37,14 %. Siklus pertama meningkat 65 % dan siklus kedua menjadi 87,97 %. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan permainan kartu angka dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak pada kelompok B di TK Pertiwi I Sine Sragen tahun ajaran 2013/2014.