Implementasi Active Learning Dalam Pembelajaran Fiqh di SMP Al-Islam 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2010/2011
Main Author: | ALKINDI, ARWIN TOWAF |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/17409/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/17409/3/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/17409/6/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/17409/9/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/17409/11/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/17409/14/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/17409/17/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/17409/20/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/17409/ |
Daftar Isi:
- Pembelajaran yang terjadi sekarang ini masih banyak menggunakan metode pembelajaran pasif. Dalam pembelajaran, guru sebagai pendidik yang berinteraksi dengan peserta didik yang mempunyai berbagai potensi yang beragam. Untuk itu, pembelajaran hendaknya lebih diarahkan pada belajar kreatif dengan menggunakan proses berpikir divergen (proses berfikir dengan berbagai macam arah dan menghasilkan banyak alternatif penyelesaian) maupun proses berpikir konvergen (proses berpikir mencari jawaban tunggal yang paling tepat). Sebagai fasilitator guru lebih banyak mendorong peserta didik (motivator) untuk mengembangkan inisiatif dalam menjajagi tugas-tugas baru. Fiqh di SMP Al-Islam 1 Surakarta menggunakan metode Active Learning. Hal itu menarik peneliti untuk mengangkat permasalahan tentang “bagaimana implementasi active learning dalam pembelajaran Fiqh di SMP Al-Islam 1 Surakarta dan apa faktor penghambat dan pendukung implementasi active learning”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi active learning dalam pembelajaran Fiqh dan mengidentifikasi kendala-kendala dan pendukung implementasi active learning di SMP Al-Islam 1 Surakarta. Objek dalam penelitian ini adalah implementasi active learning dalam pembelajaran Fiqh dengan sumber data Guru, Kepala TU, Wakasek Sarpras, Wakasek Kesiswaan di SMP Al-Islam 1 Surakarta. Data dalam penelitian ini didapat dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang bersifat eksploratif kualitatif yaitu perolehan data digambarkan dengan kata atau kalimat menurut kategori untuk memperoleh kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa implementasi active learning dalam pembelajaran Fiqh di SMP Al-Islam 1 Surakarta. menggunakan metode yang bervariasi antara lain, yaitu: Modeling The Way, Group Resume, Silent Demonstration, dan Ceramah. Faktor pendukung yang dimiliki SMP Al-Islam 1 Surakarta dalam implementasi active learning dalam pembelajaran Fiqh meliputi tersedianya media pembelajaran, walaupun tidak permanen seperti VCD, LCD adanya praktek seperti sholat berjama’ah. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurang seringnya guru mempergunakan media pembelajaran mengakibatkan murid kurang berpartisipasi.