Penerapan Reward dan Punishment sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran Matematika SDN 03 Nglebak Kecamatan Tawangmangu
Main Author: | Agustina, Nurita |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/17058/1/Judul_Skripsix.pdf http://eprints.ums.ac.id/17058/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/17058/3/BAB_II%2C.pdf http://eprints.ums.ac.id/17058/4/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/17058/5/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/17058/14/Bab_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/17058/15/Daftar_Pustaka_Skripsix.pdf http://eprints.ums.ac.id/17058/16/Lampiran_Skripsix.pdf http://eprints.ums.ac.id/17058/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dengan menerapkan Reward dan Punishment pada siswa kelas V mata pelajaran matematika SDN 03 Nglebak Kecamatan Tawangmangu. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sebagai subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN 03 Nglebak Kecamatan Tawangmangu, berjumlah 18 siswa, 10 siswa laki-laki, 8 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alir. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan Reward dan Punisment mampu meningkatakan hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran matematika SDN 03 Nglebak Kecamatan Tawangmangu. Hal ini dapat dibuktikan dengan: (1) adanya peningkatan rata-rata nilai kelas yang diperoleh siswa dari sebelum tindakan 48,83; kemudian pada siklus I menjadi 70; naik menjadi 80,83 pada siklus II, (2) adanya peningkatan presentase ketuntasan belajar siswa sebelum tindakan 28%; pada tes siklus I menjadi 67%; kemudian pada siklus II menjadi 100%. Dengan demikian dalam penelitian ini setiap siklus mengalami peningkatan hasil belajar secara signifikan, sehingga penelitian ini dapat diterima.