PENGARUH PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MODEL SNOW BALLING DENGAN MEDIA GRAFIS TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI
Main Author: | LESTARI, ENDANG PUJI |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/13961/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/13961/4/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/13961/7/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/13961/9/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/13961/13/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/13961/16/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/13961/19/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/13961/22/HALAMAN_LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/13961/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kontekstual model snow balling dengan media grafis terhadap hasil belajar siswa yang ditinjau dari tiga aspek, yaitu aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Surakarta semester genap tahun ajaran 2010/2011. Populasi penelitian ini berjumlah 171 siswa dan sampel diambil secara purposive sampling sebanyak 67 siswa yang dijadikan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Metode pengumpulan data dengan metode tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t (independent sample t-test), yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yang menggunakan metode liliefors untuk uji normalitas dan metode Bartlett untuk uji homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian dengan α = 0,05 menunjukkan bahwa (1) Tidak ada pengaruh pembelajaran kontekstual model snow balling dengan media grafis terhadap hasil belajar siswa aspek kognitif berdasarkan hasil hipotesis, dengan nilai thitung= 1,03 < ttabel= 1,997, (2) Ada pengaruh pembelajaran kontekstual model snow balling dengan media grafis terhadap hasil belajar siswa aspek afektif berdasarkan hasil hipotesis, dengan nilai thitung= 21,61 > ttabel= 1,997, (3) Ada pengaruh pembelajaran kontekstual model snow balling dengan media grafis terhadap hasil belajar siswa aspek psikomotor berdasarkan hasil hipotesis, dengan nilai thitung= 3,54 > ttabel= 1,997.