KEEFEKTIFAN METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD DAN METODE KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 GEDANGAN CEPOGO TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Main Author: | JUPRIYANTO , JUPRIYANTO |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/12816/1/2._HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/12816/3/3._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/12816/4/4._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/12816/6/5._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/12816/8/6._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/12816/9/7._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/12816/12/8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/12816/14/9._LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/12816/ |
ctrlnum |
12816 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/12816/</relation><title>KEEFEKTIFAN METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD DAN METODE KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 GEDANGAN CEPOGO TAHUN PELAJARAN 2010/2011 </title><creator>JUPRIYANTO , JUPRIYANTO </creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendeskripsikan metode pembelajaran 
cooperative learning tipe STAD lebih efektif dari pada metode pembelajaran 
konvensional terhadap hasil belajar pada sub materi pokok luas bangun datar 
sederhana kelas V semester II SD Negeri 2 Gedangan Cepogo tahun pelajaran 
2010/2011. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V semester II SD 
Negeri 2 Gedangan Cepogo tahun pelajaran 2010 / 2011. Dengan populasi penelitian 
terpilih sampel yaitu 25 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 25 siswa sebagai 
kelompok kontrol. Kelompok eksperimen diberi pengajaran dengan menggunakan 
metode pembelajaran cooperative learning tipe STAD. Sedangkan kelompok kontrol 
dengan metode pembelajaran konvensional. 
Dari penelitian diketahui bahwa rata – rata hasil belajar kelompok eksperimen = 70,12 
dan rata – rata hasil belajar kelompok kontrol = 64,32. Dengan n1 = 25 dan n2 = 25 
diperoleh thitung = -3,139 dan nilai probabilitas = 0,004. Dengan taraf signifikansi α 5% 
dan dk = 24 diperoleh ttabel =2,064. Karena Ho terletak pada daerah krtitik Ho ditolak 
dan nilai probabilitas < taraf signifikansi α 5% maka Ho ditolak dan H1 diterima berarti 
metode cooperative learning tipe STAD lebih efektif dari pada metode pembelajaran 
konvensional terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas V semester II SD Negeri 2 
Gedangan Cepogo tahun pelajaran 2010 / 2011 pada sub materi pokok luas bangun 
datar sederhana. </description><date>2011</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/12816/1/2._HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/12816/3/3._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/12816/4/4._BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/12816/6/5._BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/12816/8/6._BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/12816/9/7._BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/12816/12/8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/12816/14/9._LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> JUPRIYANTO , JUPRIYANTO (2011) KEEFEKTIFAN METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD DAN METODE KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 GEDANGAN CEPOGO TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A510070077 </relation><recordID>12816</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
JUPRIYANTO , JUPRIYANTO |
title |
KEEFEKTIFAN METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD DAN METODE KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 GEDANGAN CEPOGO TAHUN PELAJARAN 2010/2011 |
publishDate |
2011 |
topic |
L Education (General) |
url |
http://eprints.ums.ac.id/12816/1/2._HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/12816/3/3._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/12816/4/4._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/12816/6/5._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/12816/8/6._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/12816/9/7._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/12816/12/8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/12816/14/9._LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/12816/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendeskripsikan metode pembelajaran
cooperative learning tipe STAD lebih efektif dari pada metode pembelajaran
konvensional terhadap hasil belajar pada sub materi pokok luas bangun datar
sederhana kelas V semester II SD Negeri 2 Gedangan Cepogo tahun pelajaran
2010/2011. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V semester II SD
Negeri 2 Gedangan Cepogo tahun pelajaran 2010 / 2011. Dengan populasi penelitian
terpilih sampel yaitu 25 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 25 siswa sebagai
kelompok kontrol. Kelompok eksperimen diberi pengajaran dengan menggunakan
metode pembelajaran cooperative learning tipe STAD. Sedangkan kelompok kontrol
dengan metode pembelajaran konvensional.
Dari penelitian diketahui bahwa rata – rata hasil belajar kelompok eksperimen = 70,12
dan rata – rata hasil belajar kelompok kontrol = 64,32. Dengan n1 = 25 dan n2 = 25
diperoleh thitung = -3,139 dan nilai probabilitas = 0,004. Dengan taraf signifikansi α 5%
dan dk = 24 diperoleh ttabel =2,064. Karena Ho terletak pada daerah krtitik Ho ditolak
dan nilai probabilitas < taraf signifikansi α 5% maka Ho ditolak dan H1 diterima berarti
metode cooperative learning tipe STAD lebih efektif dari pada metode pembelajaran
konvensional terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas V semester II SD Negeri 2
Gedangan Cepogo tahun pelajaran 2010 / 2011 pada sub materi pokok luas bangun
datar sederhana. |
id |
IOS2728.12816 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:38:12Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:38:14Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810567583367168 |
score |
17.538404 |