KEEFEKTIFAN METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD DAN METODE KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 GEDANGAN CEPOGO TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Main Author: JUPRIYANTO , JUPRIYANTO
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/12816/1/2._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/12816/3/3._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/12816/4/4._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/12816/6/5._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/12816/8/6._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/12816/9/7._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/12816/12/8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/12816/14/9._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/12816/
ctrlnum 12816
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/12816/</relation><title>KEEFEKTIFAN METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD DAN METODE KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 GEDANGAN CEPOGO TAHUN PELAJARAN 2010/2011 </title><creator>JUPRIYANTO , JUPRIYANTO </creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendeskripsikan metode pembelajaran &#xD; cooperative learning tipe STAD lebih efektif dari pada metode pembelajaran &#xD; konvensional terhadap hasil belajar pada sub materi pokok luas bangun datar &#xD; sederhana kelas V semester II SD Negeri 2 Gedangan Cepogo tahun pelajaran &#xD; 2010/2011. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V semester II SD &#xD; Negeri 2 Gedangan Cepogo tahun pelajaran 2010 / 2011. Dengan populasi penelitian &#xD; terpilih sampel yaitu 25 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 25 siswa sebagai &#xD; kelompok kontrol. Kelompok eksperimen diberi pengajaran dengan menggunakan &#xD; metode pembelajaran cooperative learning tipe STAD. Sedangkan kelompok kontrol &#xD; dengan metode pembelajaran konvensional. &#xD; Dari penelitian diketahui bahwa rata &#x2013; rata hasil belajar kelompok eksperimen = 70,12 &#xD; dan rata &#x2013; rata hasil belajar kelompok kontrol = 64,32. Dengan n1 = 25 dan n2 = 25 &#xD; diperoleh thitung = -3,139 dan nilai probabilitas = 0,004. Dengan taraf signifikansi &#x3B1; 5% &#xD; dan dk = 24 diperoleh ttabel =2,064. Karena Ho terletak pada daerah krtitik Ho ditolak &#xD; dan nilai probabilitas &lt; taraf signifikansi &#x3B1; 5% maka Ho ditolak dan H1 diterima berarti &#xD; metode cooperative learning tipe STAD lebih efektif dari pada metode pembelajaran &#xD; konvensional terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas V semester II SD Negeri 2 &#xD; Gedangan Cepogo tahun pelajaran 2010 / 2011 pada sub materi pokok luas bangun &#xD; datar sederhana. </description><date>2011</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/12816/1/2._HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/12816/3/3._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/12816/4/4._BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/12816/6/5._BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/12816/8/6._BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/12816/9/7._BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/12816/12/8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/12816/14/9._LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> JUPRIYANTO , JUPRIYANTO (2011) KEEFEKTIFAN METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD DAN METODE KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 GEDANGAN CEPOGO TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A510070077 </relation><recordID>12816</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author JUPRIYANTO , JUPRIYANTO
title KEEFEKTIFAN METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD DAN METODE KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 GEDANGAN CEPOGO TAHUN PELAJARAN 2010/2011
publishDate 2011
topic L Education (General)
url http://eprints.ums.ac.id/12816/1/2._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/12816/3/3._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/12816/4/4._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/12816/6/5._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/12816/8/6._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/12816/9/7._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/12816/12/8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/12816/14/9._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/12816/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendeskripsikan metode pembelajaran cooperative learning tipe STAD lebih efektif dari pada metode pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar pada sub materi pokok luas bangun datar sederhana kelas V semester II SD Negeri 2 Gedangan Cepogo tahun pelajaran 2010/2011. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V semester II SD Negeri 2 Gedangan Cepogo tahun pelajaran 2010 / 2011. Dengan populasi penelitian terpilih sampel yaitu 25 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 25 siswa sebagai kelompok kontrol. Kelompok eksperimen diberi pengajaran dengan menggunakan metode pembelajaran cooperative learning tipe STAD. Sedangkan kelompok kontrol dengan metode pembelajaran konvensional. Dari penelitian diketahui bahwa rata – rata hasil belajar kelompok eksperimen = 70,12 dan rata – rata hasil belajar kelompok kontrol = 64,32. Dengan n1 = 25 dan n2 = 25 diperoleh thitung = -3,139 dan nilai probabilitas = 0,004. Dengan taraf signifikansi α 5% dan dk = 24 diperoleh ttabel =2,064. Karena Ho terletak pada daerah krtitik Ho ditolak dan nilai probabilitas < taraf signifikansi α 5% maka Ho ditolak dan H1 diterima berarti metode cooperative learning tipe STAD lebih efektif dari pada metode pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas V semester II SD Negeri 2 Gedangan Cepogo tahun pelajaran 2010 / 2011 pada sub materi pokok luas bangun datar sederhana.
id IOS2728.12816
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:38:12Z
last_indexed 2016-09-22T02:38:14Z
recordtype dc
_version_ 1765810567583367168
score 17.538404