Penerapan media video dalam mata pelajaran Seni Budaya materi Seni Musik untuk meningkatkan keterampilan bermain musik siswa Kelas IV SDN Wonosari 2 Pagu Kediri
Main Author: | Muhammad, Pagar Alam |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.uinsby.ac.id/30197/2/Muhammad%20Pagar%20Alam_D97214089.pdf http://digilib.uinsby.ac.id/30197/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang penelitian ini adalah guru belum mengajarkan seni musik menggunakan media pembelajaran seperti seharusnya. Dalam pembelajaran seni musik selama ini guru menyampaikan materi hanya dengan media audio, yaitu memperdengarkan lagu melalui sound dan kemudian siswa menghafalkannya. Meskipun pembelajaran sudah berorientasi pada siswa namun aktifitas belajar siswa belum maksimal. Permasalahan tersebut otomatis berdampak pada minimnya pengetahuan siswa tentang seni musik serta akan mengurangi kemampuan siswa untuk mengekpresikan dan mengapresiasikan secara kreatif kepribadian dan sikap-sikap emosionalnya secara seimbang. Menanggapi hal tersebut, maka diperlukan Penerapan Media Video Dalam Mata Pelajaran Seni Budaya Materi Seni Musik Untuk Meningkatkan Keterampilan Bermain Musik Siswa Kelas IV SDN Wonosari 2 Pagu Kediri.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana penerapan Media Video untuk meningkatkan keterampilan bermain musik siswa pada mata pelajaran SBK kelas IV SDN Wonosari 2 Pagu Kediri? 2) Bagaimana peningkatan keterampilan bermain musik siswa kelas IV SDN Wonosari 2 Pagu Kediri setelah menggunakan Media Video pada mata pelajaran seni budaya?Penelitian tindakan kelas (PTK) ini menggunakan model penelitian Kurt Lewin. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Dalam pengumpulan data penelitiian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi.subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Wonosari 2 Pagu Kediri yang terdiri dari 15 siswa. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Penerapan media video pada materi seni musik kelas IV SDN Woonosari 2 Pagu-Kediri mendapatkan hasil yang lebih baik dari hasil yang sebelumnya. Perolehan skor aktivitas guru pada siklus I adalah 74,1 (Baik) kemudian meningkat menjadi 91,1 (Sangat Baik) pada siklus II. skor aktivitas siswa yang pada siklus I mendapat skor 80,3 (Baik) kemudian meningkat menjadi 94,4 (Baik) pada siklus II. 2) Penerapan media video mampu meningkatkan keterampilan pada materi seni musik kelas IV SDN Woonosari 2. Hal ini dibuktikan dengan tingkat ketuntasan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Nilai rata-rata siklus I yaitu 56,8 kemudian meningkat menjadi 88 pada siklus II. Presentaase ketuntasan di siklus I yaitu 0% kemudian meningkat menjadi 87%.