Pengembangan media belajar PAI interaktif berbasis Macromedia Flash di Kelas XI SMK Kartika 1 Surabaya

Main Author: Umardani, Burhanuddin Yusuf
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.uinsby.ac.id/29146/1/Burhanuddin%20Yusuf%20U_F02316050.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/29146/
Daftar Isi:
  • Media pembelajaran PAI adalah salah satu alat bantu dalam kegiatan belajar mengajar. Selain untuk mempermudah penyampaian materi, media pembelajaran PAI juga berfungsi untuk menambah durasi ingatan siswa terhadap materi-materi PAI. Media pembelajaran yang baik seharusnya memenuhi beberapa kriteria pemilihan media pembejaran yang baik, salah satunya menarik minat siswa dan bersifat interaktif. Akan tetapi, hasil penelitian di lapangan menunjukkan bahwa media yang digunakan dalam proses pembelajaran kurang menarik minat siswa dan hanya bersifat komunikasi satu arah. Oleh karena itu, perlu dilakukan suatu penelitian pengembangan media pembelaajran PAI yang tujuannya menemukan prinsip-prinsip pengembangan media pembelajaran, dan mewujudkannya dalam proses menciptakan media pembelajaran PAI yang lebih menarik minat siswa dan bersifat interaktif serta memenuhi kriteria pemilihan media pembelajaran yang baik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian dan pengembangan (Research and development). Lokasi penelitian di SMK Kartika 1 Surabaya, subyeknya adalah guru dan siswa kelas XI di SMK Kartika 1 Surabaya. teknik pengumpulan datanya menggunakan lembar validasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan prosentase dan analisis item pernyataan. Analisis data akan dijadikan bahan pertimbangan dalam merevisi prduk agar lebih memenuhi kriteria pemilihan media pembelajaran yang baik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan beberapa kriteria pemilihan media pembelajaran yang baik, prinsip pengembangan media pemebalajaran dan produk media pembelajaran PAI yang sudah melalui uji validasi dan uji coba lapangan kepada guru dan siswa sehingga memenuhi kriteria media pembelajaran yang baik.