إعداد مواد تعليم اللغة العربية لتنمية مهارة الكلام فى مركز ترقية اللغة العربية بمعهد السلفية الشافعية سكورجو ستوبندو

Main Author: Sulaiman, Edy
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://digilib.uinsby.ac.id/19793/9/Cover.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/19793/1/Abstrak.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/19793/7/Daftar%20Isi.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/19793/2/Bab%201.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/19793/3/Bab%202.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/19793/4/Bab%203.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/19793/5/Bab%204.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/19793/8/Bab%205.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/19793/10/Daftar%20Pustaka.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/19793/
Daftar Isi:
  • Pembelajaran bahasa Arab di Lembaga Pengembangan Bahasa Arab (LPBA) Ponddok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah sukorejo Situbondo, kurang memperhatikan aspek kemampuan berbicara anggota. Padahal Aspek berbicara merupakan salah satu tujuan dari pembelajaran bahasa. Dalam pembelajaran bahasa Arab, guru juga harus menitikberatkan pengajarannya dalam pengembangan kompetensi berbicara anggota yang mengikuti kursus bahasa selain kemampuan membaca dan menulis, agar bahasa yang sudah diserap oleh anggota bisa digunakan dalam komunikasi sehari-hari. Tidak adanya materi pembelajaran khusus maharah kalam menarik, merupakan penyebab banyak anggota tidak dapat berbicara dengan bahasa Arab. Oleh karena itu, penyususunan materi ajar khusus maharah kalam yang disesuaikan dengan tema-tema anggota/santri dianggap sebagai solusi alternatif untuk meningkatkan kemampuan berbicara anggota LPBA. Dalam penelitian ini, peneliti mengunakan penelitian pengembangan. Peneliti telah melakukan observasi terlebih dahulu sebelum melakukan penyusunan materi pembelajaran di Lembaga Pengembangan Bahasa Arab (LPBA) Ponddok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah sukorejo Situbondo. Setelah mendapat data yang diperlukan, mulailah peneliti mengembangkan materi ajar yang sesuai dengan kebutuhan anggoya LPBA. Dan mengukur efektifitas pengembangan materi ajar yang telah tersusun sehingga menjadi materi ajar yang efektif dan bermanfaat untuk anggota Lembaga Pengembangan Bahasa Arab. Peneliti menggunakan pre-test dan post-test, dalam pelaksanaannya rata-rata yang didapatkan siswa pre-test 58,90 dan post-test 73,41 Dan peneliti menganalisis hasil dari test tersebut dengan menggunakan rumus One Sample T-Test. Dengan Hipotesis Ho: tidak ada perbedaan antara pre-test dan post-test, Ha: ada perbedaan antara pre-test dan post-test. Dan hasil penghitungan rumus T-Test menunjukkan bahwa T-Hitung lebih besar dari T-Tabel (9,29 > 2,021), maka terdapat perbedaan antara pre-test dan post-test. Maka terdapat efektifitas pengembangan buku dalam pengembangan kompetensi berbicara dalam pembelajaran bahasa Arab di Lembaga Pengembangan Bahasa Arab (LPBA) Ponddok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah sukorejo Situbondo Jawa Timur.