Daftar Isi:
  • Menurut Wiryanto dalam Romli (2011: 2) komunikasi organisasi adalah pengiriman dan penerimaan berbagai pesan organisasi di dalam kelompok formal maupun informal dari suatu organisasi. Komunikasi dalam organisasi diukur berdasarkan kepuasan, kepuasan atas komunikasi dalam organisasi disebut kepuasan komunikasi organisasi. Menurut Redding dalam Masmuh (2010: 47), kepuasan komunikasi organisasi adalah semua tingkat kepuasan seorang karyawan mempersepsikan lingkungan komunikasi secara keseluruhan. Kepuasan komunikasi organisasi dibedakan menjadi enam indikator menurut Osmo Wiio, Down dan Hazen dalam Masmuh (2010: 48), yaitu kepuasan dengan ketepatan informasi, kepuasan dengan kemampuan seseorang yang menyarankan penyempurnaan, kepuasan dengan efisiensi bermacam-macam saluran komunikasi, kepuasan dengan kualitas media, kepuasan dengan cara komunikasi teman sekerja dan kepuasan dengan keterlibatan dalam komunikasi organisasi sebagai suatu kesatuan. Begitu pentingnya kepuasan komunikasi organisasi, sebagai perusahaan besar dan bernama perlu memegang penting arti dari kepuasan komunikasi organisasi, seperti perusahaan BUMN (Badan Usaha Milik Negara) terbaik dan terbesar yaitu PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur, dengan area pelayanan terbanyak dibandingkan induk perusahaan lainnya, PLN Disjatim sekarang memiliki pegawai dengan jumlah sebanyak 229 orang. PLN Disjatim memiliki beragam fenomena kepuasan komunikasi organisasi dan juga kendala ditiap kepuasan komunikasi, hal tersebut yang akan dibahas oleh peneliti dalam penelitian ini.