Pengembangan perangkat pembelajaran model kooperatif tipe make a match berbantuan media simulasi PhET pada pokok bahasan fluida dinamis untuk melatih keaktifan dan meningkatkan hasil belajar siswa SMAK Stella Maris Surabaya
Main Author: | Novianto, Klara Paulina |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.wima.ac.id/13841/2/ABSTRAK.pdf http://repository.wima.ac.id/13841/4/BAB%201.pdf http://repository.wima.ac.id/13841/5/BAB%202.pdf http://repository.wima.ac.id/13841/50/BAB%203.pdf http://repository.wima.ac.id/13841/51/BAB%204.pdf http://repository.wima.ac.id/13841/52/BAB%205.pdf http://repository.wima.ac.id/13841/53/LAMPIRAN.pdf http://repository.wima.ac.id/13841/ |
Daftar Isi:
- Telah dilakukan penelitian untuk mengembangkan perangkat pembelajaran model kooperatif tipe make a match berbantuan media simulasi PhET pada pokok bahasan fluida dinamis untuk melatih keaktifan dan hasil belajar siswa SMAK Stella Maris Surabaya. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Buku Siswa (BS), Lembar Kegiatan Siswa (LKS), dan Rencana Evaluasi (RE). Perangkat pembelajaran tersebut telah divalidasi oleh ahli dan diperoleh hasil validasi perangkat pembelajaran rata-rata sebesar 3,7 dengan kategori sangat valid. Perangkat pembelajaran telah diujicobakan pada 26 siswa kelas XI MIPA-2 SMAK Stella Maris Surabaya dengan hasil dapat melatihkan keaktifan dan meningkatkan hasil belajar. Hal ini ditunjukkan dengan tercapainya indikator keberhasilan, yaitu: keterlaksanaan RPP sebesar 79,15% terlaksana dengan baik, keaktifan siswa sebesar 86% dengan kategori siswa dapat terlatih dengan sangat aktif, dan peningkatan hasil belajar siswa yaitu rata-rata N-gain score 0,69 berkategori sedang.