Daftar Isi:
  • Selama beberapa tahun terakhir ini, pengguna motor di Indonesia semakin meningkat. Hal ini berarti banyak masyarakat Indonesia yang membeli motor. PT. Astra Honda Motor sebagai salah satu perusahaan yang memproduksi motor di Indonesia menduduki peringkat penjualan nomor satu. Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek dan komitmen pelanggan terhadap loyalitas pelanggan motor Honda di Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM). Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebesar 150 responden. Karakteristik sampel dalam penelitian ini yaitu para pengguna motor Honda di Surabaya yang telah membeli motor Honda lebih dari satu kali, secara berurutan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra merek berpengaruh signifikan dan positif terhadap komitmen pelanggan, komitmen pelanggan berpengaruh signifikan dan positif terhadap loyalitas pelanggan, dan citra merek berpengaruh signifikan dan positif terhadap loyalitas pelanggan. Hasil ini diperkuat dengan hasil uji validitas, reliabilitas, dan pengujian kecocokan model pada masing-masing indikator pada setiap variabel.