PENGARUH KREATIVITAS DAN INOVASI TERHADAP KINERJA USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH (UMKM) USAHA KULINER DI SEMARANG
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan terhadap UMKM di Kota Semarang yang bergerak dibidang usaha dagang makanan / kuliner, untuk mengetahui bagaimana pengaruh kreativitas dan inovasi terhadap kinerja usahanya. Variabel yang diuji dalam penelitian ini adalah kreativitas, inovasi, dan kinerja UMKM. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kreativitas dan inovasi terhadap kinerja UMKM di Kota Semarang. Sampel penelitian sebanyak 30 responden dengan menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif, dan analisis kuantitatif dengan menggunakan alat analisis regresi linier berganda. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner dan data diolah dengan menggunakan SPSS 17.0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan kreativitas dan inovasi memberikan pengaruh terhadap kinerja UMKM. Secara parsial kreativitas berpengaruh, sedangkan inovasi tidak berpengaruh terhadap kinerja UMKM di Kota Semarang. Hasil koefisien variabel kreativitas sebesar 0,964 dengan tingkat signifikansi 0,000 dan hasil koefisien variabel inovasi sebesar – 0,030 dengan tingkat signifikansi 0,866. (α = 5%) Kata kunci : Kreativitas, Inovasi, dan Kinerja UMKM