ANALISIS MANAJEMEN PAJAK REKLAME ATAS POTENSI DAN EFEKTIVITAS SERTA KONTRIBUSINYA TERHADAP PENERIMAAN DAERAH KOTA SEMARANG
Daftar Isi:
- Pajak Reklame dipungut dari wajib pajak yang melakukan penyelenggaraan reklame. Pemungutan pajak reklamenya menganut Ad Valorem Tax System. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mekanisme pemungutan dan manajemen pajak reklame, potensi, efektivitas dan kontribusinya terhadap penerimaan daerah Kota Semarang. Metode analisis yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Data primer diperoleh melalui wawancara kepada kepala staff penetapan dan staff bidang pajak reklame DPKAD. Data sekunder berupa data target dan realisasi pajak reklame dan jumlah reklame serta jumlah wajib pajak reklame di Kota Semarang. Hasil dari penelitian ini yaitu mekanisme dan manajemen pajak reklame diperoleh dengan mengalikan tarifnya sebesar 25% dengan NSR yang telah ditetapkan. Potensi yang dapat dihitung dari estimasi angka terendah sebesar Rp 28.774.568.340 dan estimasi angka tertinggi sebesar Rp 47.561.218.134. Tingkat efektivitas Pajak Reklame dihitung berdasarkan target yang telah ditentukan sebesar 111,81% dan berdasarkan potensi dengan angka terendah dan tertinggi sebesar 59,76% dan 54,54%. Rata-rata kontribusi Pajak Reklame bagi Pajak Daerah Kota Semarang tahun 2012 – 2015 sebesar 3,06%. Rata-rata kontribusi Pajak Daerah bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Semarang tahun 2012 – 2015 sebesar 89,91%. Adanya analisis ini diharapkan Pemerintah Daerah lebih meningkatkan proses pencapaian terkait potensi yang dimiliki.