Pengaruh Word of Mouth dan Kualitas Produk terhadap Purchase Decision pada Produk Sabun Pencuci Piring Merek Sunlight di Surabaya
Main Author: | Wijaya, Indra Kusuma |
---|---|
Format: | Undergraduate thesis PeerReviewed application/pdf |
Terbitan: |
Fakultas Bisnis dan Ekonomika UBAYA
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ubaya.ac.id/19340/1/M_4916_Abstrak.pdf http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/154978 http://repository.ubaya.ac.id/19340/ |
Daftar Isi:
- Purchase decision merupakan tahapan dimana konsumen benar-benar membeli produk yang telah dipilih. Keputusan pembelian merupakan tahap keempat dari proses pembelian, sehingga untuk sampai pada tahap tersebut konsumen harus melalui tiga proses sebelumnya. Purchase decision dapat dipengaruhi oleh komunikasi dari mulut ke mulut atau word of mouth baik yang positif maupun negatif yang terjadi setiap saat. Konsumen mendengar kabar negatif tentang suatu merek, terutama dari orang yang dia percayai, dapat mempengaruhi citra suatu merek yang ada dalam benaknya. Demikian pula kabar positif tentang suatu merek dapat mempengaruhi purchase decision yang telah terbentuk sebelumnya dalam benak konsumen.Selain word of mouth, purchase decision juga dipengaruhi oleh kualitas produk. Dengan kualitas produk yang baik, maka konsumen akan semakin yakin untuk membeli dan menggunakan suatu produk. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah word of mouth dan kualitas produk berpengaruh secara signifikan terhadap purchase decision produk sabun pencuci piring merek Sunlight di Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode regresi linier berganda. Dalam penelitian ini digunakan sampel sebanyak 115 responden. Data yang terkumpul diolah menggunakan SPSS 15.0 for Windows dan diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara word of mouth dan kualitas produk terhadap purchase decision pada produk sabun pencuci piring merek Sunlight di Surabaya.