Pembuatan Aplikasi Multimedia Pembelajaran Bahasa Inggris SD Kelas 1-3

Main Author: ., Mariana
Format: Undergraduate thesis PeerReviewed application/pdf
Terbitan: Fakultas Teknik Ubaya , 2006
Subjects:
Online Access: http://repository.ubaya.ac.id/15604/1/TI_668_Abstrak.pdf
http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/137265
http://repository.ubaya.ac.id/15604/
Daftar Isi:
  • Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa yang penting untuk dikuasai saat ini. Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang dapat digunakan di negara- negara lain sebagai alat komunikasi. Keadaan ini menyebabkan pendidikan Bahasa Inggris harus sudah mulai dipelajari sejak dini. Sistem belajar pada umumnya guru mengajar dikelas atau tempat kursus, selebihnya dirumah anak-anak harus belajar sendiri. Untuk belajar sendiri berarti anak-anak menemui kesulitan karena Bahasa Inggris bukan bahasa yang dipakai sebagai alat komunikasi sehari-hari. Salah satu solusi yang dapat membantu menyelesaikan permasalahan ini adalah menerapkan pembelajaran Bahasa Inggris dalam aplikasi multimedia interaktif Multimedia interaktif mempunyai 6 komponen utama yaitu gambar, animasi, suara, video, grafik dan interaksi. Ke 6 komponen ini mampu membentuk suatu metode pembelajaran yang menarik. Aplikasi multimedia dirancang dengan target sasaran anak- anak SD kelas 1-3. Perancangan aplikasi multimedia harus dibuat semenarik mungkin dengan pemakaian warna, gambar, lagu dan animasi yang menarik minat anak- anak untuk belajar. Adanya latihan-latihan soal yang diberikan setiap sebuah materi diselesaikan dapat membantu untuk mengulas balik dan menguji pemahaman materi yang telah diberikan. Pengujian pemahaman materi dari soal- soal yang diberikan kemudian akan dievaluasi. Uji coba akan dilakukan dalam 2 tahap yaitu verifikasi dan validasi. Tahap verifikasi, basil implementasi akan dicoba dengan data-data untuk menghilangkan kesalahan. Pada tahap validasi, basil dari implementasi akan dicobakan kepada beberapa pemakai untuk menentukan basil implementasi sesuai yang diinginkan. Berdasarkan hasil uji coba maka diketahui bahwa aplikasi multimedia pembelajaran bahasa Inggris SD kelas 1-3 sudah mendukung metode pembelajaran yang efektif dan menarik.