Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning berbantuan Platform Edmodo terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPS Siswa SMP Taman Sastra Jimbaran

Main Authors: Bhaskara, Putu Esha Indhu, Sriartha, I Putu, Suastika, I Nengah
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Pendidikan Ganesha , 2022
Subjects:
Online Access: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MKFIS/article/view/49415
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MKFIS/article/view/49415/22692
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Blended Learning berbantuan Platform Edmodo terhadap motivasi dan hasil belajar IPS siswa SMP Taman Sastra Jimbaran. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VIII berjumlah 75 orang siswa yang terbagi dalam tiga kelas yaitu VIII A, VIII B dan VIII C, sedangkan sampel penelitian ini adalah kelas VIIIA dan VIII B yang ditentukan dengan teknik random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner, tes dan observasi. Uji hipotesis dilakukan dengan Manova. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan Model Pembelajaran Blended Learning Berbantuan Platform Edmodo Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPS Siswa SMP Taman Sastra Jimbaran, baik secara terpisah maupun secara simultan.