Peningkatan Kualitas Pelayanan Aplikasi Mcdonald’s Menggunakan Metode Importance Performance Analysis (IPA) dan Quality Function Deployment (QFD)
Main Authors: | Monica, Rut Dea; Departemen Teknik Sistem dan Industri Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, Ciptomulyono, Udisubakti; Departemen Teknik Sistem dan Industri Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM), ITS
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik/article/view/100088 http://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik/article/view/100088/7244 http://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik/article/downloadSuppFile/100088/48257 http://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik/article/downloadSuppFile/100088/48258 http://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik/article/downloadSuppFile/100088/48259 |
Daftar Isi:
- Perkembangan teknologi saat ini yang semakin maju dan bertumbuh sangat cepat membuat masyarakat selalu ingin mendapat hal secara instan namun tujuan dapat tercapai dengan baik. Hal ini lah yang akhirnya membuat banyak bermunculan jasa layanan pesan antar makanan secara online atau yang kita sebut dengan Online Food Delivery (OFD). Salah satunya adalah aplikasi Mcdonald’s. Aplikasi Mcdonald’s membantu pengguna dalam memesan makanan dari mana dan kapan saja dengan banyak promo yang menarik. Namun, ternyata banyak keluhan yang muncul terhadap penggunaan aplikasi Mcdonald’s. Maka dari itu, perlu untuk dilakukan peningkatan kualitas layanan pada penggunaan aplikasi Mcdonald’s dengan menggunakan atribut Usability pada ISO/IEC 9126 dan Nielsen Model. Didapatkan sebanyak 32 atribut pernyataan berdasarkan Usability. Dalam mengukur tingkat kualitas pelayanan aplikasi terhadap pengguna dapat menggunakan metode E-Servqual. Kemudian mengidentifikasi atribut yang prioritas untuk ditingkatkan dengan metode Importance Performance Analysis (IPA) dan didapatkan 7 atribut yang perlu untuk ditingkatkan. Setelah itu, atribut-atribut yang prioritas untuk ditingkatkan akan diproses lebih lanjut dengan metode Quality Function Deployment (QFD). Berdasarkan 7 atribut prioritas tersebut, yang kemudian selanjutnya merancang peningkatan kualitas pelayanan aplikasi kedalam 5 prioritas respon teknis yaitu “Pengembangan sistem aplikasi Mcdonald’s”, “Penambahan notifikasi peringatan/ status pesanan”, “Penambahan panduan informasi pada aplikasi Mcdonald’s”, “Pengembangan design interface pada aplikasi Mcdonald’s”, dan “Penambahan fitur search pada tampilan awal aplikasi”. Sehingga berdasarkan hasil tersebut didapatkan rancangan perbaikan untuk dapat meningkatkan kualitas pelayanan aplikasi Mcdonald’s.