Analisis Pasar untuk Grand Dharmahusada Lagoon Proyek Apartemen PT. PP Properti, Tbk
Main Authors: | Virena, Devia; Departemen Manajemen Bisnis Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Wibawa, Berto Mulia; Departemen Manajemen Bisnis Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Apriyansyah, Bahalwan; Departemen Manajemen Bisnis Institut Teknologi Sepuluh Nopember |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM), ITS
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni/article/view/55101 http://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni/article/view/55101/6546 http://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni/article/downloadSuppFile/55101/23822 http://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni/article/downloadSuppFile/55101/23823 http://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni/article/downloadSuppFile/55101/23824 |
Daftar Isi:
- Grand Dharmahusada Lagoon merupakan salah satu proyek apartemen milik PT. PP Properti, Tbk. Sebagai salah satu pelaku bisnis properti di Indonesia, Grand Dharmahusada Lagoon sedang mengalami penurunan penjualan sejak tahun 2018 hingga 2020 yang disebabkan oleh ketidaktercapaian target penjualan Marketing In-House dalam setiap bulannya. Kondisi pandemi covid-19 pada tahun 2020 turut berdampak pada semakin menurunnya penjualan apartemen. Berdasarkan permasalahan tersebut maka diperlukan analisis pasar Grand Dharmahusada Lagoon untuk mengetahui kondisi perusahaan sehingga strategi yang diterapkan sesuai dengan keadaan eksisting. Metode yang digunakan untuk perolehan data ialah secara daring maupun tatap muka dengan melakukan in-depth semi-structural interview dan focus group discussion bersama dengan jajaran Top Management Divisi Pemasaran serta customer yang telah melakukan pembelian apartemen. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif eksploratif. Perumusan kondisi eksisting internal dan eksternal perusahaan menggunakan tools value chain dan 5 force porter sebagai dasar perancangan Matriks IFAS, Matriks EFAS, dan Matriks IE. Hasil yang diperoleh menyatakan bahwa Grand Dharmahusada Lagoon berada pada kondisi hold and maintain sehingga strategi yang tepat untuk diterapkan kedepannya yaitu strategi market penetration dan product development.