EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DISERTAI MEDIA MIND MAPPING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM KOLOID DI KELAS XI IPA SMA AL ISLAM 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014

Main Authors: Lukman, Lucky Azizatul; Universitas Sebelas Maret, Martini, Kus Sri; Universitas Sebelas Maret, Utami, Budi; Universitas Sebelas Maret
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Sebelas Maret , 2015
Subjects:
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/view/5180
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/view/5180/3656
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan metode pembelajaran Project Based Learning (PjBL) disertai media Mind Mapping terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPA SMA Al Islam Surakarta tahun ajaran 2013/2014 dalam materi sistem koloid. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan rancangan penelitian menggunakan Randomized Control-group Post Test Only Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Cluster Random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 3 dan XI IPA 4 SMA Al Islam 1 Surakarta tahun ajaran 2013/2014. Teknik pengumpulan data berupa metode tes objektif untuk prestasi belajar kognitif dan angket untuk prestasi belajar afektif. Analisis data menggunakan uji pihak kanan (one-tail test: right-tail) dengan persyaratan uji normalitas dengan uji Liliefors, dan uji homogenitas dengan uji Barlett. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Project Based Learning (PjBL) disertai media Mind Mapping efektif terhadap prestasi belajar pada pokok bahasan Sistem Koloid siswa kelas XI SMA Al Islam 1 Surakarta tahun pelajaran 2013/2014. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan menggunakan uji t-pihak kanan dengan taraf signifikan 5%. Hasil uji t-pihak kanan untuk prestasi belajar kognitif diperoleh thitung = 2,08237 > ttabel = 1,67 dan untuk prestasi belajar afektif diperoleh thitung = 2,62 > ttabel = 1,67.