PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VII DI SD NEGERI GUGUS VIIII, KECAMATAN SUKASADA
Main Authors: | ., I GEDE SUDARMIKA, ., PROF DR. I WAYAN LASMAWAN,M.PD, ., PROF. DR. NYOMAN DANTES |
---|---|
Format: | Article info eJournal |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan Dasar
, 2015
|
Online Access: |
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1801 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division (STAD) terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar IPS pada Siswa Kelas VI SD Gugus VIII Kecamatan Sukasada Buleleng. Rancangan penelitian ini menggunakan pola dasar The Posttest Only Control Group dengan jenis eksperimen semu. Sampel penelitian berjumlah 46 siswa. Data yang dikumpulkan adalah motivasi belajar dan prestasi belajar IPS. Data dianalisis dengan menggunakan MANOVA berbantuan SPSS 17.00 for windows. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, motivasi belajar siswa yang belajar dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD secara signifikan lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional (F= 12,420; p