PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR IPS DITINJAU DARI MOTIVASI BERPRESTASIPADA SISWA KELAS VI SD GUGUS IV KUTA
Main Authors: | ., DEBORA ARUNG ENDEKAN, ., Prof. Dr. Nyoman Dantes, ., Prof. Dr. I Wayan Lasmawan,M.Pd |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan Dasar
, 2014
|
Online Access: |
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1475 http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1475/1146 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar IPS ditinjau dari motivasi berprestasi pada siswa kelas VI SD di Gugus IV. Rancangan ekssperimen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan The Post Test – Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini 266 orang siswa. Sedangkan sampel penelitiannya sebanyak 80 orang siswa. Data motivasi berprestasi dikumpulkan dengan metode kuesioner dan data hasil belajar Matematika dikumpulkan dengan tes objektif. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Anava Dua Jalan dan uji Tukey. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa: 1) terdapat perbedaan hasil belajar IPS antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan siswa yang mengikuti model pembeiajaran konvensional, 2) terdapat pengaruh interaksi antara penerapan model pembelajaran dengan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar IPS siswa, 3) terdapat perbedaan hasil belajar IPS antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional, pada siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi, 4) terdapat perbedaan hasil belajar IPS antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional, pada siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah. Kata Kunci : Hasil belajar, model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, motivasi berprestasi. This research aims at investigating The effect of cooperative learning model type jigsaw on social study learning achievement viewed from achievement motivation of sixth grade elementary students of Cluster IV. This research used the post test only control group design.The population was 266 students and the sample was 80 students. The data of achievement motivation were collected by using questionnaire and the data of social study learning achievement were collected by using objective test. The data were analyzed by using two-way Anova and Tukey Test. The result of the research shows that: 1) there is a difference of social study learning achievement between students following cooperative learning model type jigsaw and those following conventional learning model, 2) there is an interactional effect between the implementation of learning model and achievement motivation on social study learning achievement, 3) for students with high achievement motivation, there is a difference of social study learning achievement between students following cooperative learning model type jigsaw and those following conventional learning model, 4) for students with low achievement motivation, there is difference of social study learning achievement between students following cooperative learning model type jigsaw and those following conventional learning model.keyword : cooperative learning model type jigsaw, social study learning achievement, and achievement motivation