PENINGKATAN KETEPATAN MEMBACA NOTASI ANGKA MELALUI METODE DRILL PADA LAGU-LAGU WAJIB NASIONAL

Main Authors: Wahyuningsih, Eka, Nandar, Ismu, Indrapraja, Diecky Kurniawan
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2015
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/8885
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/8885/8825
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/downloadSuppFile/8885/672
Daftar Isi:
  • Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan membaca notasi angka melalui metode drill pada lagu-lagu wajib Nasional di SMP Negeri 1 Siantan Kabupaten Pontianak, (2) mendeskripsikan hasil peningkatan pembelajaran membaca notasi angka melalui metode drill pada lagu-lagu wajib Nasional di SMP Negeri 1 Siantan Kabupaten Pontianak. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan bentuk penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan bersifat kualitatif. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan sebanyak 3 siklus. Ketiga siklus tersebut mengimplementasikan tindakan untuk meningkatkan ketepatan pengucapan notasi angka terhadap lagu-lagu wajib Nasional. Sampel yang diambil dalam penelitian ini berjumlah 33 orang siswa kelas VIII A. Berdasarkan masalah pertama hasil yang didapat untuk proses pembelajaran membaca notasi angka melalui metode drill pada lagu-lagu wajib Nasional siswa kelas VIII A di SMP Negeri 1 Siantan yang diukur dari aspek pernapasan, pengucapan notasi, disiplin, aktivitas, dan kerjasama memperoleh persentase siklus 1 sebesar 69,3%, siklus 2 74%, dan siklus 3 76,4%. Hal ini menunjukkan terjadi peningkatan pada setiap pelaksanaan siklus. Selanjutnya untuk permasalahan kedua mengenai hasil peningkatan pembelajaran membaca notasi angka melalui metode drill pada lagu-lagu wajib Nasional siswa kelas VIII A di SMP Negeri 1 Siantan Kabupaten Pontianak diperoleh nilai rata-rata mencapai 74,42. Hal ini berarti nilai rata-rata siswa mencapai lebih dari Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa penggunaan metode drill dalam membaca notasi angka pada lagu-lagu wajib Nasional sangat efektif digunakan dalam pembelajaran. Terbukti dengan adanya peningkatan pada nilai siswa. Kata Kunci: metode drill, notasi angka. Abstract: The purpose of this study was (1) to describe the reading notation numbers through drill method on compulsory national songs in SMP Negeri 1 Siantan Pontianak district, (2) describe the results of learning to read notation numbers increase through the drill method in compulsory national songs in junior high State 1 Siantan Pontianak regency. This study used a descriptive method of research that forms the Classroom Action Research (CAR) and qualitative. Action research conducted by 3 cycles. The third cycle of implementing measures to improve the accuracy of pronunciation notation number of compulsory national songs. Samples taken in this study of 33 students of class VIII A. Based on the first problem the results obtained for the process of learning to read notation numbers through the drill method in songs compulsory National A class VIII student SMP Negeri 1 Siantan measured from the respiratory aspect, pronunciation notation, discipline, activity, and cooperation to obtain the percentage of first cycle of 69.3%, 74% cycle 2 and cycle 3 76.4%. This shows an increase at each execution cycle. Further to the issue of learning to read notation resulting increase in numbers through the drill method in songs compulsory National A class VIII student SMP Negeri 1 Siantan Pontianak District obtained an average value reached 74.42. This means that the average value of students achieving mastery over Minimum Criteria (KKM). The conclusion of this study is that the use of the drill method in reading notation numbers on compulsory national songs very effectively used in learning. Buoyed by the increase in student scores. Keywords: drill method, notation numbers.