PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK DAN MOTIVASI KERJA KEPALA SEKOLAH TERHADAP KOMPETENSI GURU SD NEGERI

Main Authors: Agustianingsih, Heni, ., Aunurrahman, ., Wahyudi
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2014
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5509
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5509/6187
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Supervisi Akademik dan Motivasi Kerja Kepala Sekolah terhadap Kompetensi Guru SD Negeri di Kecamatan Sintang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif, dengan rancangan non eksperimen. Responden peneliti ini adalah guru-guru SD Negeri yang berada di Kecamatan Sintang sebanyak 99 orang yang dipilih dari jumlah 503 guru dengan karakteristik sampel adalah guru yang sudah memiliki masa kerja lebih dari 10 tahun. Teknik penggumpulan data menggunakan instrumen yang berbentuk angket. Untuk variabel supervisi akademik, motivasi kerja kepala sekolah dan kompetensi guru. Instrumen penelitian disusun berdasarkan kisi-kisi variabel penelitian. Untuk menguji validitas instrumen secara empirik menggunakn rumus korelasi Product Moment. Selanjudnya diuji signifikasinya dengan menggunakan rumus distribusi (tabel t). Kemudian untuk menguji realibilitas instrumen dalam penelitian ini menggunakan rumus Cronback’s alpha. Kemudian diuji dengan uji dengan uji reliabilitas instrumen dilakukan dengan rumus Korelasi Pearson Product Moment . Hasil penelitian ini memberikan implementasi bahwa untuk meningkatkan Kompetensi Guru dengan cara pelaksanaan Supervisi Akademik dan Meningkatkan Motivasi Kerja Kepala Sekolah. Kata Kunci : Supervisi Akademik, Motivasi Kerja, Kompetensi Guru Abstack : This research aims to know The Influence of Academic supervision and work motivation of the principal on the teacher competency of state elementary school in Sintang. This research uses quantitative approach with descriptive method of non experimental design. The respondent in this research is teachers of state elementary in Sintang. They are 99 teachers that have been chosen from 503 teachers that have sample characteristics are they have work period over 10 years. Technique of collecting data in this research is by using instrument of questioners for academic supervision variable, work motivation of principal and teacher competency. The instrument is arranged by using grating of research variable. For tested the validity instrument as empirically is using correlation product moment and after that for tested it for their significant by using T table and the last for tested the reliable of instrument in this research, it used by Cronbachs’ alpha formulas. The reliable instruments, it’s tested again by using correlation of product moment Pearson. This result gives implementation that to improve teacher competency is by implementing Academic supervision and improving work motivation of principal. Keywords : Academic Supervision, work motivation, teacher’s competency