KONTRIBUSI PAJAK HOTEL DAN PAJAK REKLAME DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (Studi Pada Dinas Pendapatan Daerah Kota Malang)

Main Authors: Dewi, Winda Rufiana; Program Studi S1 Perpajakan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya, Mukzam, Mochammad Djudi, Nuzula, Nila Firdausi
Format: application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi S-1 Perpajakan, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya , 2016
Online Access: http://perpajakan.studentjournal.ub.ac.id/index.php/perpajakan/article/view/296
Daftar Isi:
  • The implementation of local autonomy is requiring every locality to finance their interest. One of source of local income is cames from tax sector. One of type comes from tax sector are hotel and advertisement. Seeing there are many tax payer which paid hotel and advertisiment tax in malang city, and strategy of Dispenda in improving income from the twoof tax. So, it expected that hotel and advertisiment tax can improve local genuine income in malang city. Research type is descriptive with qualitative approach. Data collection technique includes interview and documentation. The data involve the report of target and realization of hotel tax income, and also the document related to advertisement tax, local tax, and Local Genuine Income in period 2011-2014. Analysis method is the analysis over effectiveness, growth rate and contribution. Result of research indicates that in average, hotel tax and advertisement tax in period 2011-2014 is very effective. Growth rate of hotel tax and advertisement tax is assigned into unsuccessful criteria. Contribution rate of hotel tax to local tax is very low, so is its contribution to Local Genuine Income. Some efforts are already taken by the Official of Local Income in Malang City such as to look for new potential, to explore further the existing potential, to formulate the law to optimize the revenue of hotel and advertisement taxes, to enforce the sanction, and to implement e-tax online tax system (tax electronic system). ABSTRAK Pelaksanaan otonomi daerah menuntut setiap daerah mampu membiayai keperluan daerahnya sendiri. Sumber pendapatan daerah salah satunya berasal dari sektor pajak. Salah satu sektor pajak tersebut dari pajak hotel dan pajak reklame. Melihat tingginya jumlah Wajib Pajak hotel dan pajak reklame di Kota Malang, serta bagaimana strategi Dispenda dalam meningkatkan pendapatan dua jenis pajak tersebut. Diharapkan pajak hotel dan pajak reklame mampu meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Kota Malang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas, laju pertumbuhan, dan kontribusi pajak hotel dan reklame pada Pendapatan Asli Daerah dan untuk mengetahui upaya yang dilakukan Dispenda dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah. Jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Data yang digunakan adalah laporan target dan realisasi pendapatan pajak hotel, pajak reklame, pajak daerah, Pendapatan Asli Daerah (PAD) tahun 2011-2014. Analisis yang digunakan adalah analisis efektivitas, laju pertumbuhan dan kontribusi. Hasil penelitian yaitu tingkat rata-rata efektivitas pajak hotel dan pajak reklame dari tahun 2011-2014 rata-rata adalah sangat efektif. Rata-rata tingkat laju pertumbuhan pajak hotel dan pajak reklame masuk kriteria tidak berhasil. Tingkat kontribusi rata-rata pajak hotel terhadap pajak daerah adalah sangat kurang dan rata-rata kontribusi terhadap Pendapatan Asli Daerah juga sangat kurang. Upaya yang dilakukan oleh Dinas Pendapatan Daerah Kota Malang adalah dengan cara mencari potensi baru dan menggali potensi yang sudah terdata, merumuskan peraturan optimalisasi penerimaan pajak hotel dan pajak reklame, pemberian sanksi, serta menjalankan sistem pajak online e-tax (elektronik pajak).