PENERAPAN PEDOMAN DESAIN RPP KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAN 1 SRESEH SAMPANG

Main Author: Khoiriyah, Fathul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://etheses.iainmadura.ac.id/8/1/Final%201%20Fathul%20Khoiriyah%2C%2020170721079%2C%20PAI%2C%20ummihanifa1988%40gmail.pdf
http://etheses.iainmadura.ac.id/8/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Fathul Khoiriyah, 2019. Penerapan Pedoman Desain RPP Kurikulum 2013 Mata Pelajaran PAI di SMAN 1 Sreseh Sampang. Tesis. Program Magister Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Madura. Pembimbing: Dr Siswanto, M.Pd.I. dan Dr. Buna‟i, S.Ag., M. Pd. Katakunci: desain RPP Kurikulum 2013, PAI. Penelitian ini mengakaji tentang: (1) bagaimana latar belakang penerapan pedoman desain RPP Kurikulum 2013 mata pelajaran PAI di SMAN 1 Sreseh Sampang, (2) penggunaan pedoman desain RPP Kurikulum 2013 mata pelajaran PAI di SMAN 1 Sreseh Sampang, (3) hasil penerapan pedoman desain RPP Kurikulum 2013 mata pelajaran PAI di SMAN 1 Sreseh Sampang, dan (4) kelebihan dan kekurangan pedoman desain RPP Kurikulum 2013 mata pelajaran PAI di SMAN 1 Sreseh Sampang. Pendekatan penelitian adalah metode kualitatif, sedangkan Jenisnya adalah Studi Kasus (Case Study) intrinsik (intrinsic case study) yang ditempuh karena keinginan peneliti untuk memahami kasus tertentu, yaitu penggunaan pedoman desain RPP Kurikulum 2013 pada mata pelajaran PAI di SMAN 1 Sresreh Sampang. Hal tersebut tergolong unik karena jarang ditemukan di sekolah-sekolah lain. Pada umumnya RPP disusun oleh guru secara individu sesuai dengan pengetahuan dan pengalamannya masing-masing. Pengumpulan data dalam penelitian menggunakan metode wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, menyajikan data dan memverifikasi data hingga menjadi temuan penelitian. Hasil penelitian berdasarkan masing-masing fokus, yaitu: (1) latar belakang penerapan pedoman desain RPP kurikulum 2013 mata pelajaran PAI di SMAN 1 Sreseh Sampang adalah untuk mewujudkan visi sekolah, yaitu mewujudkan peserta didik berprestasi, berwawasan kebaharian dilandasi iman dan taqwa, kesulitan dalam mengaplikasikan pendekatan saintifik pada pembelajaran PAI perlu diatasi secara sistematis dan terukur, dan kemampuan profesional guru harus ditingkatkan, (2) penggunaan pedoman desain RPP Kurikulum 2013 mata pelajaran PAI di SMAN 1 Sreseh Sampang berdampak positif pada kemapuan profesional guru karena mempermudah menyusun RPP dengan pendekatan saintifik, dan mudah mengaplikasikan dalam pembelajaran, (3) hasil penerapan pedoman desain RPP Kurikulum 2013 mata pelajaran PAI di SMAN 1 Sreseh Sampang adalah efektif dan efisien karena kegiatan pembelajaran berjalan interaktif dan berpusat pada siswa, guru dapat mengontrol langkah-langkah kegiatan pembelajaran dengan baik, siswa dapat menemukan sendiri konsepkonsep yang harus dikuasai dan guru dapat melakukan penilaian autentik sesuai prosedur yang ditetapkan, dan (4) kelebihan pedoman desain RPP Kurikulum 2013 mata pelajaran PAI di SMAN 1 Sreseh Sampang adalah lebih baik dari sebelum menggunkan pedoman karena langkah-langkah pembelajaran lebih praktis, lebih efektif dan efisien, dan penilaian autentik dapat dilakukan dengan mudah pada penilaian PK, Literasi, 4C dan HOTS. Sedangkan kekurangannya adalah pilihan metode-metode yang disajikan masih masih belum memadai.