Daftar Isi:
  • ABSTRAK Satria Nurtirta Noviantoro, NIM 15010107028, PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING CHIPS DAN SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA, program studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Kendari melalui bimbingan Ibu Sri Anandari Safaria, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Chips dibandingkan dengan Snowball Throwing, mengetahui respon siswa setelah belajar menggunakan model pembelejaran kooperatif tipe Talking Chips dan mengetahui respon siswa setelah beajar menggunakan model pembelejaran kooperatif tipe Snowball Throwing. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experimental design). Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII SMP Negeri 17 Konawe Selatan yang terdiri dari 5 kelas pararel. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian menggunakan teknik purposive random samplin. Penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan secara random dan diperoleh kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes hasil belajar dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriftif dan statustik inferensial dengan uji hipotesis menggunakan ujui t-test separted varian dari data hasil belajar. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Chips berpengaruh lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing terhadap hasil belajar IPA siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar IPA yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Chips lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing, (2) Respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Chips dalam proses pembelajaran yakni siswa merasa senang dengan model pembelajaran ini, karena siswa dituntut untuk berani berbicara tanpa adanya paksaan dari siapapun, (3) Respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dalam proses pembelajaran yakni siswa merasa senang dalam mengikuti peoses pembelajaran, karena model ini bersifat permainan yang berupa melempar bola pertanyaan kepada temannya. Kata Kunci : Hasil Belajar, Talking Chips, Snowball Throwing